Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Anjuran Meminta Surga Kepada Allah

Hadits Anjuran Meminta Surga Kepada Allah
319- MAKRUH HUKUMNYA MEMINTA KEPADA ALLAH SELAIN SURGA, DAN MAKRUH MENCEGAH ORANG YANG MEMINTA DENGAN MENYEBUT NAMA ALLAH

1732- وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ  : (( مَنِ اسْتَعَاذَ بِاللهِ , فَأَعِيْذُوهُ , وَمَنْ سَأَلَ بِاللهِ , فَأَعْطُوْهُ , وَمَنْ دَعَاكُمْ , فَأَجِيبُوهُ , وَمَنْ صَنَعَ إِلَيْكُمْ مَعْرُوْفًا فَكَافِئُوهُ , فَإِنْ لَمْ تَجِدُوْا مَا تُكَافِئُوابِهِ فَادْعُوْا لَهُ حَتَّى تَرَوْا أَنَّكُمْ قَدْ كَافَأْتُمُوْهُ )) . حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ , وَالنَّسَائِي بِأَسَانِيْدِ الصَّحِيْحِيْنِ.

1732. Dari Ibnu Umar RA, ia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Barang siapa yang memohon perlindungan dengan menyebut nama Allah, maka kabulkanlah permintaannya. Barang siapa yang meminta dengan menyebut nama Allah, maka berilah. Dan barang siapa yang mengundangmu, maka penuhilah. Barang siapa yang berbuat baik kepadamu, maka balaslah. Apabila kamu tidak mendapatkan sesuatu untuk membalasnya,[1] maka do’akanlah sehingga kamu merasa bahwa kamu telah membalasnya.” (HR. Abu Daud dan Nasa’i).

[1] . Aslinya تُكَافِئُوابِهِ, diralat dari kitab-kitab hadits, dan lihatlah kitab ‘al-Aun’ jilid 5 hal. 89, 90.