Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Anjuran Bersegera Mengurus Jenazah

Hadits Anjuran Bersegera Mengurus Jenazah

158- ANJURAN BERSEGERA MENGURUS JENAZAH

948- وَ عَن أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ, عَنِ النَّبِيِّ  قَالَ: (أَسْرِعُوْا بِالْجَنَازَةِ, فَإِنْ تَكُ صَالِحَةً, فَخَيْرٌ تَقَدِّمُوْنَهَا إِلَيْهِ, وَإِنْ تَكُ سِوَى ذَلِكَ, فَشَرٌّ تَضَعُوْنَهُ عَنْ رِقَابِكُمْ). مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

948. Dari Abu Hurairah RA. Dari Nabi SAW. Beliau bersabda, “Segeralah kamu mengubur jenzah! Karena, jika jenazah itu orang saleh, berarti kalian mempercepat kebaikan. Dan kalau jenazah itu tidak demikian (tidak baik), berarti kalian telah meletakkan kejelekan pada pundak kalian.” (HR. Bukhari dan Muslim)

949- وَ عَنْ أَبِي سَعِيْدٍ اَلْخُدْرِي رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ  يَقُوْلُ: (إِذَا وُضِعَتِ الْجَنَازَةُ, فَاحْتَمَلَهَا الرِّجَالُ عَلَى أَعْنَاقِهِمْ, فَإِنْ كَانتْ صَالِحَةً, قَالَتْ: قَدِّمُوْنِي وَان كَانتْ غَيْرَ صَالِحَةً, قَالَتْ لأَهْلِهَا: يَا وَيْلَهَا أَيْنَ تَذْهَبُوْنَ بِهَا؟ يَسْمَعُ صَوْتَهَا كُلُّ شَيْءٍ إِلاَّ اْلأَنَسٍان لَصَعِقَ) رَوَاهُ الْبُخَارِي.

949. Dari Abu Sa’id Al Khudriy RA., ia berkata: “Rasulullah SAW.: “Apabila jenazah telah diletakkan dan diangkat pada pundak mereka, maka apabila jenazah itu orang yang saleh, ia berkata: “cepat antarkan aku.” Tetapi apabila jenazah itu bukan orang yang saleh, ia bekata kepada keluarganya: ”Aduh celaka, akan di bawa kemana aku ini?” Segala sesuatu selain manusia mendengar apa yang dikatakan oleh jenazah itu, seandainya manusia mendengarnya, pasti ia akan jatuh pingsan.” (HR. Bukhari)