Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fahmil Qur'an Tingkat Aliyah

Fahmil Qur'an Tingkat Aliyah
341. Apa yang dimaksud dengan ‘Amul Huzni dalam sejarah kehidupan Rasulullah SAW
Jawab: Tahun bersedih karena meninggalnya Siti Khadijah dan Abu Thalib.

342. Please read the verse (ayat) of holy Qur’an which means: Those who break Allah’s Covenant after it is ratified, dan who sunder what Allah has ordered to be joined, and do mischief on earth: these cause losses (only) to themselves.

343. Dalam pembahasan ilmu Qiraat, Apa yang dimaksud dengan Qiraat Masyhur?
Jawab: 
Qiraat yang shahih, yang diriwayatkan oleh orang adil dan kuat hafalannya serta dapat dipercayai sesuai dengan mushaf dan sesuai pula dengan kaidah bahasa Arab.

344. Berapa zakatnya, bila seorang muslim menemukan emas yang terpendam di kebunnya sejumlah 1000 gram?
Jawab: 
200 gram

345. Peragakan Lagu RAST ‘ALAN NAWA dengan membacakan surah al-Ikhlas

346. Siapakah pencipta lagu Hymne MTQ?
Jawab: 
Iskandar

347. Diriwayatkan bahwa orang-orang yahudi yang sudah apriori membenci Nabi Muhammad SAW ketika melihat ada beberapa ayat yang mereka pahami saling bertntangan, lalu mereka mengejek Nabi sambil mencemoohkan bahwa al-Qur’an itu adalah ucapan Muhammad karena sebagian ayat menghapus ayat yang lain. Lalu turunlah surat al-Baqarah : 106 yang membantah kekeliruan mereka itu . Bacakan ayat dimaksud!

348. Dalil yang menunjukkan bahwa sesuatu sama hukumnya dengan yang lainnya karena disebut bersama-sama, istilah ilmu ushul fiqh disebut apa?
Jawab: 
Dalalatul Iqtiran

349. Segala puji bagi Allah yng memiliki apa yang di langit dan apa yang di bumi dan bagi-Nya (pula) segala puji di akhirat. dan dia-lah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi, apa yang ke luar dari padanya, apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. Demikian penegasan Allah dalam surat Saba’ : 1-2. Bacakan ayat dimaksud!

350. Di India terdapat sebuah peninggalan bersejarah ummat Islam yang sangat elok, yaitu Taj Mahal. Siapakah yang mendirikan bangunan ini?
Jawab: 
Syah Jehan

351. Please read the verse (ayat) of holy Qur’an which means: And behold, We said to the angels : “Bow down to Adam:” and they bowed down : not so Iblis :he refused and was haughty : he was of those who reject Faith.

352. Dalam pembahasan ilmu Qiraat apa yang dimaksud dengan Qiraat Maudhu’?
Jawab: 
Qiraat yang dibangsakan kepada orang yang mengucapkannya tanpa dasar.

353. Berapa zakatnya, bila seorang muslim mempunyai 40 ekor kambing?
Jawab: 
1 ekor kambing betina (umur 2 tahun)

354. Peragakan Lagu HIJAZ KARD dengan membacakan surah al-Ikhlas!

355. SIapakah juara I Qari golongan 1 Juz + Tilawah putra pada MTQ Nasional XXI dan dari mana asalnya?
Jawab: 
Eva Maulizar dari Provinsi Aceh

356. Ketika para sahabat Nabi sedang bersenda guarau dan tertawa, turunlah surat : al-Hadid : 16 yang mengingatkan mereka untuk segera mengingat Allah. Coba bacakan ayat dimaksud!

357. Dalam pembahasan Ilmu Ushul Fiqh, memindahkan suatu perkataan dari makna yang terang (zahir) kepada makna yang tidak terang karena ada sesuatu dalil yang menyebabkan makna kedua harus dipakai, dikenal dengan istilah apa?
Jawab: 
Takwil

358. Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. sesungghnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri, Demikian Firman Allah dalam surat al-Hadid : 22-23. Bacakan ayat dimaksud!

359. Nabi Muhammad SAW meninggalkan Mekkah bersama Abu Bakar Siddiq untuk berhijrah ke Madinah. pada bulan apa dan tahun berapa dari tahun masehi beliau berdua sampai di Madinah?
Jawab: 
Pada Bulan juli tahun 622 M

360. Dalam pembahasan ilmu Qiraat , Apa yang dimaksud dengan Qiraat Mudraj?
Jawab: 
Suatu bacaan yang ditambahkan dengan bentuk tafsir.