Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HADITS TATA CARA DAN ETIKA MINUM

HADITS TATA CARA DAN ETIKA MINUM
111- TATA CARA DAN ETIKA MINUM

761- عَنْ أَنَسِ رَضِيَ الله عَنْهُ أَنْ رَسُوْلَ اللهِ ، كَانَ يَتَنَفَّسُ فِي الشَّرَابِ ثَلاَثاً. ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

761. Dari Anas RA, dia berkata: “Apabila Rasulullah SAW. minum, beliau bernafas tiga kali di luar bejana”. (HR. Bukhari dan Muslim)

763- وَ عَنْ أَبِى قَتَادَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ, أَنْ النَّبِيَّ نَهَى أَنْ يُتَنَفَّسَ فِى اْلِإنَاءِ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ. يَعْنِى : يُتَنَفَّسُ فِى نَفْسِ اْلِإنَاءِ. ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

763. Dari Abu Qatadah RA, dia berkata: “Nabi SAW. melarang untuk bernapas dalam bejana sewaktu minum”. (HR. Bukhari dan Muslim)

764- وَ عَنْ أَنَسِ رَضِيَ الله عَنْهُ, أَنْ رَسٌوْلَ الله , أُتِيَ بلَبَنٍ قَدْ شِيْبَ بِمَاءٍ, وَ عَنْ يَمِيْنِهِ أَعْرَابِيٌّ, وَ عَنْ يَسَارِهِ أَبُوْ بَكْرٍ رَضِيَ الله عَنْهُ, فَشَرِبَ, ثُمَّ أَعْطَى اْلَأعْرَابِىَّ وَ قَالَ: " اَلْأَيْمَنَ فَاْلَأيْمَنَ". مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

764. Dari Anas RA, dia berkata: “ketika Rasulullah SAW. diberi susu yang dicampur air, waktu itu di sebelah kanannya ada seorang Badui dan di sebelah kirinya ada Abu bakar RA. kemudian beliau meminumnya kemudian memberikan kepada orang badui itu, seraya bersabda, “yang kanan, kemudian yang kanan”. (HR. Bukhari dan Muslim)

765- وَ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ الله عَنْهُ, أَنْ رَسٌوْلَ الله, أُتِيَ بِشَرَابٍ, فَشَرِبَ مِنْهُ وَ عَنْ يَمِيْنِهِ غُلَامٌ, وَعَنْ يَسَارِهِ أَشْيَاخٌ, فَقَالَ لِلْغُلَامِ: "أَتَأْذَنُ لِى أَنْ أُعْطِيَ هَؤُلَاءِ؟" فَقَالَ الْغُلاَمُ: لاَ وَ اللهِ, لِا أُوْثِرُ بِنَصِيْبِى مِنْكَ أَحَدًا, فَتَلَّهُ رَسُوْلُ الله ِفِى يَدِهِ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

765. Dari Sahal bin Sa’ad RA, dia berkata: “Rasulullah SAW. diberi minuman, maka beliau meminumnya. Waktu itu di sebelah kanan beliau ada seorang pemuda (Ibnu Abbas), dan di sebelah kirinya ada orang-orang yang sudah lanjut usia. Kemudian beliau bersabda kepada pemuda itu (Ibnu Abbas): “Bolehkah aku memberikan minuman ini kepada orang-orang tua itu?” Pemuda itu menjawab: “Tidak, demi Allah saya tidak akan memberikan bagianku darimu kepada siapa pun.” Maka Rasulullah SAW. memberikan minumannya kepada Ibnu Abbas”.[1] (HR. Bukhari dan Muslim)

112- MAKRUH[2] MINUM DARI MULUT QIRBAH (POCI)

766- عَنْ أَبِي سَعِيْدْ اَلْخُدْرِي رَضِيَ الله عَنْهُ، قَالَ : نَهَي رَسُوْلُ اللهِ عَنْ اِخْتِنَاثِ اْلأَسْقِيَةِ يَعْنِى أَنْ تُكْسَرَ أَفْوَاهُهَا، وَيُشْرَبَ مِنْهَا. ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

766. Dari Abu Sa’id Ai-Khudriy RA, dia berkata: “Rasulullah SAW. melarang untuk memecah mulut poci (qirbah) dan sebagainya untuk minum dari padanya”. (HR. Bukhari dan Muslim)

767- وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : نَهَى رَسُوْلُ اللهِ  أَنْ يُشْرَبَ مِنْ فِي السِّقَاءِ أَوِ الْقِرْبَةِ. ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

767. Dari Abu Hurairah RA, dia berkata: “Rasulullah melarang minum langsung dari mulut tempat air atau qirbah”. (HR. Bukhari dan Muslim)

768- وَعَنْ أُمِّ ثَابِتٍ كَبْشَةَ بِنْتِ ثَابِتٍ أُخْتِ حَسَّأَنْ بن ثَابِتٍ رَضِيَ الله عَنْهُما قَالَت : دَخَلَ عَلَيَّ رَسُوْلُ اللهِ ، فَشَرِبَ مِنْ فيِ قِرْبَةٍ مُعَلَّقَةٍ قَائِمًا، فَقُمْتُ إِلَى فِيْهَا فَقَطَعْتُهُ. رَوَاهُ التِّرْمِذِي وقَالَ : حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ.

768. Dari Ummu Tsabit Kabsyah binti Tsabit, saudara Hasan bin Tsabit RA, dia berkata: “Rasullah SAW. masuk ke rumahku, kemudian beliau minum dengan berdiri pada mulut qirbah yang tergantung, maka aku berdiri dan mulut qirbah itu aku patahkan.”[3] (HR. Tirmidzi)

[1] Lihat hadis sebelumnya, dengan nomor 574
[2] Yang dimaksud dengan makruh disini adalah makruh tanzih bukan makruh tahrim (yang mengandung unsure pengharaman
[3] Ummu Tsabit mematahkan mulut kirbah itu dengan maksud untuk menandainya sebagai tempat minum Rasulullah SAW yang dimaksudkan untuk mengambil berkah dari padanya.