Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Larangan Bakhil dan Kikir

Hadits Larangan Bakhil dan Kikir

61-Larangan Bersikap Bakhil dan Kikir

Allah SWT Berfirman:

وَأَمَّا مَنْ بَخِلَ وَاسْتَغْنَى وَكَذَّبَ بِالْحُسْنَى فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْعُسْرَى وَمَا يُغْنِي عَنْهُ مَالُهُ إِذَا تَرَدَّى

“Adapun orang yang kikir dan merasa dirinya kaya[1] serta mendustakan pahala yang terbaik, maka kelak Kami akan menyiapkan baginya jalan yang sukar. Dan hartanya tidak bermanfaat baginya apabila ia telah binasa.” (Qs. Al-Laili (92):8-11)

Ayat tentang bakhil

Pada ayat lain, Allah SWT berfirman:

وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ.

“Barangsiapa yang terpelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (Qs. Al-Taghaabun(64):16)

hadits tentang kikir dan serakah

568- وَعَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ  قَالَ: ((أتَّقُوا الظُّلْمَ، فَإِنَّ الظُّلْمَ ظُلُمَاتٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، وَأتَّقُوا الشُّحَّ ، فَإنَّ الشُّحَّ أهْلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ ، حَمَلَهُمْ عَلَى أَنْ سَفَكُوا دِمَاءَهُمْ وَأسْتَحَلُّوْا مَحَارِمَهُمْ)) رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

568. Dari Jabir RA., bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, ”Takutlah kalian akan kedhaliman, karena sesungguhnya kedhaliman itu merupakan kegelapan pada hari kiamat. Dan takutlah kamu sekalian akan sifat kikir, karena sesungguhnya kekikiran itu telah membinasakan orang-orang sebelum kamu di mana mereka terdorong untuk saling membunuh dan menghalalkan apa-apa yang telah diharamkan.”(Riwayat Muslim).