Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadits Adab Makan

Hadits Adab Makan
104- ADAB MAKAN

744- عَنْ عُمَرِ بْنِ أِبِي سَلَمَة رَضِيَ الله عَنْهُمَا قَالَ : كُنْتُ غُلامًا فِى حِجْرٍ رَسُوْلُ اللهِ  وَكَانَتْ يَدِي تَطِيْشُ فِى الصَّحْفَةِ، فَقَالَ لِى رَسُوْلُ اللهِ  : يَا غُلاَمُ سَمِّ اللهَ تَعَالىَ ، وَكُلُّ بِيَمِيْنِكَ، وَكُلُّ مِمَّا يَلِيْكَ" ٌََمُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

744. Dari Umar bin Abu Salamah RA, dia berkata: Waktu kecil, saya diasuh Rasulullah SAW. dan pernah mengulurkan tangan untuk mengambil makanan yang berada di piring, kemudian beliau bersabda kepada saya: “Wahai anak muda. Sebutlah nama Allah Ta’ala serta makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari makanan yang dekat denganmu!”. (HR. Bukhari dan Muslim)

745- وَعَنْ سَلَمَةَ بنِ الأَكْوَع رَضِيَ الله عَنْهُ، أَنْ رَجُلٌ أَكَلَ عِنْدَ رَسُوْلُ اللهِ  بِشِمَالِهِ، فَقَالَ : ((كُلْ بِيَمِيْنِكَ)) قَالَ : لاَ أَسْتَطِيْعُ. قَالَ : ((لاَاسْتَطَعْتَ))! مَا مَنَعَهُ إِلاَّ الْكِبْرُ! فَمَا رَفَعَهَا إِلَى فِيْهِ. رَوَاهُ مُسْلِمُ.

745. Dari Salamah Ibn Al-Akwa’ RA, dia berkata: “Ada seseorang makan di hadapan Rasulullah SAW. dengan menggunakan tangan kirinya, kemudian beliau bersabda, “Makanlah dengan tangan kananmu!”, dia menjawab: “Saya tidak bisa”. Kemudian beliau bersabda, “Kamu tidak bisa karena kesombonganmu”. Setelah itu orang tersebut tidak bisa mengangkat tangannya ke mulut.” (HR. Muslim)