Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bimtek Literasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI)

Bimtek Literasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI)
Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) mengembangkan kemampuan bernalar melalui LITERASI : membaca, numerasi, sains, sosial budaya

Tujuan AKMI

  • AKMI dirancang sebagai instrumen penilaian untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi perbaikan sistem pembelajaran di madrasah, mulai dari kelas madrasah, tingkat kabupaten/koa, tingkat provinsi, dan tingkat nasional.
  • Hasil AKMI dijadikan referensi akademik dalam mendiagnosa dan mengintervensi proses pembelajaran, penyusunan atau perbaikan buku ajar, maupun intervensi kebijakan lainnya, termasuk kebijakan moderasi beragama.
Bimtek Literasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI)
Tantangan berliterasi dalam Asesmen

Adapun tantangan dalam asesmen  berbasis literasi adalah sebagai berikut:

  • Kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks dengan tujuan mengembangkan kapasitas pengetahuan dan potensi siswa dalam masyarakat dan berpartisipasi sebagai warga Indonesia yangdapat memberikan kontribusi nilai-nilai kehidupan.
  • Kemampuan untuk merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, mengembangkan daya nalar matematis, menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menggambarkan, menjelaskan dan memprediksi fenomena yang relevan pada masyarakat Indonesia
  • Kemampuan menggunakan pengetahuan sains, dan dengan gagasan sains sebagai warga Indonesia yang reflektif, serta mengembangkan IPTEK melalui kompetensi memahami fenomena secara ilmiah, mengevaluasi, dan merancang inkuiri ilmiah, serta menafsirkan data dan bukti ilmiah yang relevan dengan kejadian-kejadian lokal, dan global.
  • Kemampuan individu dan masyarakat dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa dan survei karakter serta lingkungan. (kemampuan dalam beragama dan bermasyarakat)

Tujuan Bimtek/Pelatihan

Pelatihan Tindak Lanjut bertujuan mengoptimalkan usaha perbaikan pembelajaran yang dilakukan di setiap satuan pendidikan madrasah dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa madrasah.
Bimtek Literasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI)
Kebutuhan Instruktur

  • Bimtek/Pelatihan tindak lanjut Kelas Daring (= Modul literasi). Calon berasal dari : Guru madrasah, Pengawas, Widiyaiswara, Dosen. Bimtek ini Berupa bimbingan tindak lanjut secara daring untuk penguatan literasi membaca, numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya jenjang MI.
  • Bimtek/Pelatihan Kelas Visitasi implementasi hasil AKMI. Calon berasal dari : Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, Widyaiswara. Bimtek Ini Berupa visitasi langsung ke madrasah peserta AKMI tahun 2022 untuk membantu madrasah mengembangkan program tindak lanjut perbaikan pembelajaran selaras dengan hasil AKMI tahun 2022.

Selengkapnya tentang Bimtek AKMI silakan download [di sini.!]