Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENGAPA ALLAH MENCIPTAKAN SETAN.?

 

Mengapa Allah menciptakan setan ?

Pertanyaan: 

Mengapa Allah menciptakan setan ?

Jawab: 

Allah memerintahkan agar kita patuh dan taat kepada-Nya. Allah juga memerintahkan agar kita jangan tergoda untuk meninggalkan perintah-perintah itu. 

Perintah patuh dan taat dibarengi dengan godaan. Sebab kalau tidak ada godaan, sikap taat dan patuh menjadi persoalan biasa. Taat dan patuh yang sejati yaitu apabila ada rayuan dan dorongan untuk berbuat maksiat, tetapi orang tersebut mampu menahan. 

Allah menghendaki agar ketaatan dan kepatuhan sese orang timbul karena rasa takut kepada-Nya. Ini adalah ibadah. Ibadah hanya untuk Allah, karena Allah semata, bukan untuk siapa-siapa, walaupun besar godaan setan kepada kita untuk mengalihkan tujuan ibadah itu. 

Allah menciptakan setan adalah hikmah. Seperti hikmahnya Allah menciptakan kejahatan, maksiat, atau mungkar. Manusia diuji, apakah kuat imannya menolak ajakan dan godaan setan. 

Karenanya manusia diberi alat, sarana, dan ke mampuan oleh Allah untuk menjauhi kejahatan itu. Bila sadar dan mengerti ajakan ( dakwah ) amar ma'ruf nahi mungkar, setan dan kejahatan tidak akan berhasil memperdaya manusia.

Dari buku Anda Bertanya Islam Menjawab Yang Ditulis Oleh Prof. Mutawalli Sya'rawi