Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Zuhud Terhadap Dunia

Tidak Menginginkan Apa yang Ada di Tangan Orang Lain
Di antara faktor yang ikut membantu dalam menyukseskan hubungan seorang laki-laki dengan orang lain sehingga ia mendapatkan cinta mereka adalah tidak menginginkan apa yang ada di tangan mereka dan memperlihatkan kepada mereka bahwa dia tidak tamak terhadap apa yang mereka miliki. 

Baca Juga:

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, " Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan di dunia untuk Kami cobai mereka dengannya. Dan karunia Allah itu adalah lebih baik dan lebih abadi. " 

Ada seseorang datang kepada Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam seraya bersabda, " Wahai Rasulullah, tunjukkan kepadaku suatu amalan yang jika aku kerjakan niscaya Allah akan mencintaiku dan orang orang pun akan mencintai diriku. " Maka Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, 

ازهد في الدنيا يحبك الله وازهد فيما في أيدي الناس يحبوك. 

" Zuhudlah di dunia, niscaya Allah akan mencintaimu. Dan zuhudlah terhadap apa yang ada di tangan orang lain, niscaya mereka akan mencintaimu " 

Orang-orang apabila mengetahui bahwa si fulan tidak tamak pada apa yang mereka miliki, niscaya mereka akan mencintainya dan akan mendekatinya pula serta tidak akan merasa khawatir akan diri mereka. Sebaliknya, jika mereka mengetahui ketamakannya, niscaya mereka akan membenci dan menghindarinya.