Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat Sukses Berhubungan dengan Teman

Kiat Sukses Berhubungan dengan Teman
Tidak mungkin bagi seorang laki-laki untuk hidup tanpa seorang teman pun dalam kehidupan ini. Semua laki-laki bahkan selalu berusaha untuk menjalin hubungan pertemanan dengan banyak orang. di mana dia dapat berkumpul dengan mereka, mengunjungi mereka, membantu mereka, meminta pertimbangan mereka dalam menyelesaikan berbagai masalah yang terkait keluarga maupun lingkungannya, dan mereka pun melakukan hal yang sama dengannya. 

Baca juga:

Seorang teman memiliki peranan yang sangat besar dan penting dalam kehidupan seorang laki-laki di dunia ini dan bahkan juga di akhirat. Allah Azza wa Jalla menyebutkan beberapa ayat Al-Qur'an mengenai hal tersebut, " Maka kami tidak mempunyai pemberi syafaat seorang pun, dan tidak pula mempunyai teman yang akrab.” (Asy-Syu'araa 101)

Qatadah berkata, " Demi Allah, mereka mengetahui bahwa seorang teman jika saleh, maka akan bermanfaat dan seorang teman akrab jika saleh, akan memberi syafaat.” . 

Dalam firman Allah Subhanahu wa Ta'ala, " Atau teman kalian, " Allah Azza wa Jalla sendiri telah menyandingkan teman dengan kaum kerabat.

Di dalam kitab An Nuqasy, Ibnu Abbas berkata, " Teman itu lebih dekat daripada kerabat. Tidakkah engkau melihat permintaan bantuan yang dilakukan oleh para penghuni neraka Jahanam, " Maka kami tidak mempunyai pemberi syafaat seorang pun, dan tidak pula mempunyai teman yang akrab.” 

Dalam sebuah matsal disebutkan, " Siapakah orang yang paling engkau cintai, saudaramu atau temanmu ? " dia menjawab, " Saudaraku, terlebih jika dia juga temanku.” Ali Radhiyallahu Anhu berkata, " Kalian harus menjalin hubungan dengan saudara ( teman dekat ), karena sesungguhnya mereka itu bagian dari dunia dan juga bagian dari akhirat. Tidakkah kamu mendengar ucapan para penghuni neraka, " Maka kami tidak mempunyai pemberi syafaat seorang pun, dan tidak pula mempunyai teman yang akrab.”