Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjalani Hidup Suami Istri

Cara Menjalani Hidup Suami Istri
Sebagaimana diketahui bahwa wanita merupakan salah satu dari tanda-tanda kekuasaan Allah. la merupakan nikmat yang agung dari sang Khaliq Tabaraka wa Ta'ala yang dikaruniakan kepada kaum laki-laki. Allah Ta'ala berfirman:

 ومن عاينته ، أن خلق لكم من أنفسكم أزواجا لتسكنوا إليها وجعل بينكم مودة ورحمة إن في ذالك لايت لقوم يتفكرون جي [ الروم : ۲۱ ] 

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir, " (QS. Ar-Rum 21) 

Baca Juga:

Kenikmatan yang didapatkan oleh seorang laki-laki bersama istrinya tidak bisa tergantikan oleh kenikmatan lainnya. Oleh karena itu, wanita merupakan nikmat kehidupan dunia yang paling membahagiakan.

Ketika seorang laki laki berusaha untuk menikahi seorang wanita, berarti dia telah berusaha untuk mendapatkan kenikmatan tersebut. Namun, untuk memurnikan kehidupan dan kenikmatan bersama istrinya dari kekeruhan dan berbagai macam permasalahan yang bukan saja bisa merusak kehidupannya bersama sang istri, tetapi bisa juga menjauhkan dirinya dan kenikmatan itu secara keseluruhan, yaitu melalui perceraian, maka dia perlu mengikuti beberapa cara khusus untuk berinteraksi dengan istrinya yang mengantarkan kepada kesuksesan hidup berumah tangga secara umum dan kesuksesan bersama istrinya secara khusus. 

Setiap laki-laki pasti ingin berhasil dalam menjalin hubungan dengan istrinya sekaligus mendapatkan cintanya. Untuk itu, dia harus menjalankan perintah Allah Ta'ala dan Rasul-Nya serta mengikuti kaidah-kaidah yang telah ditetapkan dalam menjalin hubungan suami istri. 

Hal itu dilakukan agar Allah menetapkan keberhasilan baginya dalam menjalani hidup bersama istrinya, menjalin cinta kasih bersamanya, serta membina rumah tangga yang bahagia selamanya, dipenuhi dengan mawaddah dan rahmah serta ketentraman seperti tercermin dalam firman Allah Azza wa Jalla: "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir, " (QS. Ar-Rum 21) 

Memilih Wanita yang Taat Beragama 

Sejak awal, Islam telah menunjukkan bahwa unsur terpenting untuk meraih kesuksesan dalam membina kehidupan berumah tangga dengan istri adalah memilih istri yang taat menjalankan agama. Unsur ini merupakan setengah kesuksesan dalam membangun kehidupan suami istri, kalau bukan kesuksesan secara keseluruhan. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam telah bersabda:

تنكح المرأة لأربع لمالها ولحسبها ولجمالها ولدينها فاظفر بذات الدين تربت يداك. 

"Wanita itu dinikahi karena empat hal : karena hartanya, karena keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya. Pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau beruntung. " (HR. Al-Bukhari)

Laki-laki yang taat beragama harus menjadikan agama sebagai tujuan utamanya dalam segala hal, terlebih ketika ingin memilih seorang istri yang akan mendampingi dan berinteraksi dengannya secara terus menerus. Untuk itu, keduanya harus memiliki kesamaan visi dan misi, sehingga pemikiran dan pendapat keduanya sama dan tidak bertolak belakang. Sehingga dengan demikian, mereka akan hidup bahagia dan dipenuhi ketenangan selamanya. Dan hal tersubut tidak akan terwujud, kecuali dengan mengikuti Islam dan menerapkan ajaran dan wasiatnya yang berkenaan dengan kehidupan berumah tangga. 

Semua laki-laki ingin sekali mengejar kesuksesan dalam segala bidang, namun demikian tidak ada yang lebih baik baginya kecuali kesuksesan dalam menjalani kehidupan bersama istrinya. Karena, kesuksesan dalam membina rumah tangga dengan istrinya akan membuahkan kesuksesan yang beruntut dalam bidang lainnya. Agar kehidupan dengan istrinya benar-benar terealisir dan terwujud seumur hidup, dia harus menjalankan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala dan semua wasiat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam yang terkait dengan cara berinteraksi dengan istri. 

Tulisan ini adalah kutipan dari Buku Menjadi Pria Sukses dan Dicintai