Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisi-Kisi PAS Qurdis Kelas 2 MI tahun 2021

Kisi-Kisi PAS  Qurdis Kelas 2 MI tahun 2021
Penyusunan Kisi-Kisi Soal PAS Semester ganjil tahun 2021 Mata Pelajaran Qurdis Kelas 2 MI mengacu kepada Kurikulum K-13 dan KMA 183 tahun 2019 berkenaan dengan revisi terbaru kurikulum PAI dari segi muatan materi sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi. Penyusunan Kisi-Kisi Soal PAS Mata Pelajaran Qurdis Kelas 2 bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan peserta didik dijenjang ini.

3.1 Mengetahui cara menulis huruf hijaiyah terpisah dan bersambung 

Berkenaan dengan Indikator soal yang disajikan berdasarkan KD 3.1 Mapel Qurdis untuk Madrasah Ibtidaiyah kelas 2 sebagaimana berikut ini:

  1. Disajikan pernyataan jumlah huruf hijaiyyah, peserta didik mengetahui jumlah huruf hijaiyah dengan baik dan benar
  2. Disajikan susunan huruf hijaiyyah secara acak, peserta didik diharapkan mampu untuk mengidentifikasi susunan huruf hijaiyah dengan benar
  3. Disajikan potongan kata huruf hijaiyah, peserta didik memahami cara menulis huruf hijaiyah secara terpisah
  4. Disajikan bentuk huruf hijaiyah, peserta didik memahami cara menulis huruf hijaiyah secara bersambung
3.2. Memahami bacaan grunnah 

Indikator soal yang disajikan berdasarkan KD 3.2 Mapel Qurdis kelas 2 MI ini adalah:

  1. Disajikan pernyataan tentang definisi ghunnah, peserta didik mampu memilih definisi ghunnah yang tepat sesuai dengan kaedah tajwid
  2. Disajikan potongan ayat mengandung bacaan ghunnah, peserta didik mampu mendemonstrasikan bacaan grunnah dengan benar.
  3. Disajikan huruf hijaiyah, peserta didik mampu menyebutkan huruf ghunnah dengan benar
3.3. memahami surat Al-Fil, surat Al-Humazah, surat Al-Ashr dan surat At-Takatsur 

Indikator soal berdasarkan KD 3.3 Mapel Qurdis untuk Madrasah Ibtidaiyah kelas 2 adalah sebagai berikut:

  1. Disajikan pernyataan jumlah ayat dari surah Al-Fil(105), peserta didik mampu menyebutkan jumlah ayat dari QS Al-Fil (105) dengan baik dan benar.
  2. Disajikan pernyataan turunnya surah Al-Fil (105), peserta didik mampu menyebutkan Asbab al-Nuzul Qs. Al-Fil(105) dengan baik dan benar.
  3. Disajikan pernyataan kandungan surah Al-Fil (105), peserta didik mampu menyebutkan kandungan dari Qs. Al-Fiil(105) dengan baik dan benar.
  4. Disajikan ayat terakhir Qs. Al-Fil(105, peserta didik mampu melengkapi potongan ayat Qs.Al-Fiil(105) dengan baik dan benar.
  5. Disajikan pernyataan turunnya surah Al-Humazah(104), peserta didik mampu menyebutkan Asbab al-Nuzul Qs. Al-Humazah(104) dengan baik dan benar.
  6. Disajikan potongan ayat Qs. Al-Humazah(104), peserta didik dapat mengartikan arti potongan Qs. Al-Humazah (105)dengan baik dan benar.
  7. Disajikan isi kandungan surah Al-Humazah, peserta didik diharapkan mampu menyebutkan kandungan ayat surat Al-Humazah dengan baik dan benar.
  8. Disajikan potongan ayat Qs. Al-Humazah(104), peserta didik mampu menuliskan sambungan ayat Qs. Al-Humazah(104) dengan baik dan benar.
  9. Disajikan potongan ayat surah Al-Ashr (103), peserta didik mengetahui ayat dari Qs. Al- Ashr(103) dengan baik dan benar.
  10. Disajikan arti dari Qs. Al- Ashr(103), peserta didik mampu menyebutkan terjemahan ayat-ayat dalam Qs. Al-Ashr(103) dengan baik dan benar.
  11. Disajikan potongan ayat surat Al-Ashr, peserta didik mengetahui kandungan ayat-ayat surat Al-Ashr dengan baik dan benar.
  12. Disajikan peryataan ayat-ayat dari surah At-Takasur (102), peserta didik mengetahui ayat-ayat dari Qs. At-Takasur(102) dengan baik dan benar.
  13. Disajikan pernyataan arti dari nama surah At-Takasur (102), peserta didik mampu menyebutkan terjemahan nama surat Qs. At-Takasur(102) dengan baik dan benar.
  14. Disajikan arti dari terjemahan surat At-Takasur, peserta didik mampu menjelaskan isi kandungan surat At-Takasur dengan baik dan benar.
  15. Disajikan pernyataan kandungan surah At-Takasur(102.), peserta didik memahami cara menerapkan kandungan Qs. At-Takasur (102) dengan baik dan benar.
3.4 Memahami Hadits keutamaan belajar Al- Quran

Indikator soal berdasarkan KD 3.4 Mapel Qurdis untuk kelas 2 MI adalah sebagai berikut:

    1. Disajikan tujuan dari mempelajari Al-Quran, peserta didik mengetahui tujuan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar.
    2. Disajikan potongan Hadis keutamaan belajar al-Qur’an, peserta didik mampu menyebutkan terjemahan Hadis keutamaan belajar al-Qur’an dengan baik dan benar.
    3. Disajikan pernyataan keutamaan Al-Quran, peserta didik mengetahui isi pokok Hadis keutamaan belajar al-Qur’an dengan tepat.
    Kisi-Kisi Soal Ujian untuk Mata Pelajaran Qurdis Jenjang SD/MI Kelas 2 selengkapnya silakan unduh [di sini] 

    Soal PAS dan Kunci Jawaban Mata Pelajaran Qurdis Tingkat MI Kelas 2 Selengkapnya silakan unduh [di sini]