Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download RPP Kelas 1 Tema 6 Sub Tema 1 Revisi Terbaru

Download RPP Kelas 1 Tema 6 Sub Tema 1 Revisi Terbaru

RPP Tematik untuk kelas 1 semerter genap ini terdiri Tema 6 dan Tema 7 saja. Pada tema 6 terdiri dari beberapa sub tema. Subtema yang pertama berkenaan dengan Lingkungan Rumahku. Muatan terpadu pada subtema ini berkenaan Bahasa Indonesia, PPKn, dan SBdP. Adapun TUJUAN PEMBELAJARAN pada Sub Tema ini adalah sebagai berikut:

  1. Melalui kegiatan membaca dan menyimak isi bacaan Peserta didik mampu menyebutkan ungkapan petunjuk yang terdapat dalam teks dengan tepat.
  2. Dengan mengerjakan lembar kerja, Peserta didik dapat menuliskan ungkapan petunjuk yang ada di dalam teks dengan tepat.
  3. Melalui kegiatan diskusi Peserta didik mampu menggali informasi. Kemudian peserta didik mampu menjelaskan aturan di rumah, yang berhubungan dengan kebersihan rumah.
  4. Melalui kegiatan wawancara, Peserta didik diharapkan mampu mendata kegiatan di rumah mereka sendiri. Tentunya yang berkaitan dengan aturan menjaga kebersihan di rumah.
  5. Dengan menyimak lagu dan mendengarkan penjelasan Pendidik, Peserta didik diharapkan mampu untuk mengidentifikasi kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
  6. Dengan menggunakan instrumen musik ritmis Peserta didik mampu mempraktikkan kuat lemah bunyi dalam sebuah lagu.
Bagi Yang membutuhkan RPP Tema 6 Sub tema 1, silakan Download di [ sini ]

Pada RPP yang kedua dari sub tema yang pertama dari tema 6 tentang Lingkungan Bersih, Sehat, dengan Tema Lingkungan Rumahku, Muatan Terpadunya adalah Bahasa Indonesia, dan PJOK. Tujuan pembelajaran adalah:
  1. Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru, Peserta didik mampu menunjukkan gerakan berpindah tempat dalam senam lantai yaitu berguling ke kanan/kiri dengan tepat.
  2. Melalui praktik lapangan, peserta didik diharapkan mampu untukmelakukan gerakan berpindah tempat pada senam lantai. Senam lantai itu pada gerakan berguling ke kanan/kiri dengan tepat.
  3. Melalui tanya jawab Peserta didik mampu menjelaskan ciri-ciri kalimat ungkapan petunjuk.
  4. Dengan menggunakan potongan-potongan cerita bergambar pada pembelajaran,  Peserta didik diharapkan mampu mengurutkan suatu kegiatan. Yaitu kegiatan berdasarkan ungkapan petunjuk yang ada pada potongan-potongan cerita.
Bagi Yang membutuhkan RPP Yang kedua dari Tema 6, silakan Download di [ sini ]

Pada RPP yang ketiga dari sub tema yang pertama dari tema 6 tentang Lingkungan Bersih, Sehat, dengan Tema Lingkungan Rumahku, Muatan Terpadunya adalah Bahasa Indonesia, PPKn dan Matematika. Tujuan Pembelajarannya Adalah:
  1. Melalui kegiatan diskusi,  Peserta didik mampu menyusun menjelaskan aturan yang harus diterapkan di rumah. Ini diharapkan agar mereka bisa meningkatkan kebersihan d ilingkungan rumah
  2. Melalui kerja kelompok di kelas, Peserta didik diharapkan mampu menunjukkan aturan. Aturan itu harus diterapkan untuk menjaga kebersihan rumah dengan percaya diri.
  3. Melalui penjelasan guru Peserta didik mampu menunjukkan kalimat yang merupakan ungkapan petunjuk.
  4. Melalui permainan Peserta didik mampu menyusun kalimat ungkapan petunjuk dengan benar.
  5. Melalui fenomena sehari-hari yang dipilihkan guru wali kelas, Peserta didik mampu mengidentifikasi masalah sehari-hari. Masalah itu melibatkan proses matematika yang berhubungan dengan pengurangan 2 bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam.
  6. Dengan mengaji cara mengurangkan dua bilangan, Peserta didik dapat mengomunikasikan hasil pengurangan dua bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam dengan benar.
Bagi Tenaga Pengajar Yang membutuhkan RPP nya silakan Download di [ sini ]

Pada RPP yang keempat dari sub tema yang pertama dari tema 6 tentang Lingkungan Bersih, Sehat, dengan Tema Lingkungan Rumahku, Muatan Terpadunya adalah Bahasa Indonesia, PJOK, dan SBdP. Tujuan Pembelajarannya adalah:
  1. Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru Peserta didik mampu menunjukkan gerak guling depan.
  2. Dengan kegiatan praktik Peserta didik mampu melakukan gerakan guling depan dengan tepat.
  3. Dengan memperhatikan contoh yang disajikan oleh guru Wali kelas,  Peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi kalimat tanggapan terhadap ungkapan petunjuk
  4. Melalui permainan merangkai kata Peserta didik mampu menyusun kalimat berupa ungkapan petunjuk dan membuat kalimat tanggapannya.
  5. Dengan menyimak penjelasan dan contoh guru Peserta didik mampu mengidentifikasi kuat lemah bunyi
  6. Melalui permainan alat musik ritmis Peserta didik mampu memeragakan kuat lemah bunyi pada sebuah lagu.
Bagi Guru Kelas yang membutuhkan RPP nya silakan Download di [ sini ]

Pada RPP yang kelima dari sub tema yang pertama dari tema 6 tentang Lingkungan Bersih, Sehat, dengan Tema Lingkungan Rumahku, Muatan Terpadunya adalah Bahasa Indonesia, dan Matematika. Tujuan Pembelajarannya adalah:
  1. Melalui penjelasan guru Peserta didik mampu mengidentifikasi ungkapan petunjuk. Khususnya ungkapan petunjuk yang ada dalam dialog sosio drama dengan tepat.
  2. Melalui kegiatan bermain peran Peserta didik mampu menggunakan ungkapan petunjuk secara lisan dengan tepat
  3. Dengan memisahkan kumpulan benda,  Peserta didik mampu menjelaskan kembali bagaimana cara menentukan hasil pengurangan dua bilangan (21-40) dengan benar. yang berhubungan dengan matematika.
  4. Dengan mengamati prosedur mengurangi dua bilangan Peserta didik dapat mempresentasikan hasil pengurangan bilangan 21-40 menggunakan benda konkret dengan benar.
Bagi Guru Tema yang membutuhkan RPP nya silakan Download di [ sini ]

Pada RPP yang keenam dari sub tema yang pertama dari tema 6 tentang Lingkungan Bersih, Sehat, dengan Tema Lingkungan Rumahku, Muatan Terpadunya adalah Bahasa Indonesia. Tujuan pembelajarannya adalah:
  1. Melalui penjelasan dan contoh guru, Peserta didik mampu mengidentifikasi ungkapan petunjuk dengan tepat.
  2. Melalui pembuatan cerita gambar berseri, Peserta didik diharapkan mampu menyusun kalimat. Kalimat itu yang berhubungan dengan ungkapan petunjuk dengan benar.
  3. Melalui gambar Peserta didik mampu mengidentifikasi aturan-aturan menjaga kebersihan di rumah.
  4. Melalui kegiatan simulasi/pantomim sederhana yang disajikan guru di kelas, Peserta didik mampu memeragakan kegiatan menjaga kebersihan di rumah mereka sendiri dengan benar.
  5. Dengan memaknai kalimat pada soal cerita sederhana Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan cara menentukan hasil matematika. yaitu berkaitan dengan pengurangan dua bilangan (21-40) dengan benar.
  6. Dengan mengamati prosedur penyelesaian soal, Peserta didik diharapkan dapat menyelesaikan soal cerita sederhana. soal cerita itu terkait pengurangan dua bilangan (21-40) dengan benar dalam matematika
Bagi Tenaga Pendidik yang membutuhkan RPP nya silakan Download di [ sini ]