Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download RPP Qurdis Kelas 5 Semester Ganjil Terbaru

Download RPP Qurdis Kelas 5 Semester Ganjil Terbaru

Materi pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas 5 semester ganjil (1) terdiri dari IV BAB. Pada Bab yang pertama tentang surat Surah Al-' Adiyat. Surat Al-‘Adiyat ini tergolong kedalam surah Makkiyah. Karena surah ini diturunkan di kota Mekah sebelum Nabi melakukan Hijrah ke Madinah.

Download Juga: Kisi-Kisi dan Soal PAS Qurdis Kelas 5 Semester Ganjil 2021

Surah Al-' Adiyat terdiri dari 11 ayat. Surat Al-' Adiyat diturunkan setelah surah Al ' Aşr. Termasuk surah ke-100 dalam Al-Qur'an. Al-' Adiyāt artinya kuda perang yang berlari kencang. Isi pokok surah Al-' Adiyat adalah manusia yang ingkar terhadap Allah dan mencintai harta benda. Surat Al-' Adiyat ini memerintahkan kepada kita untuk senantiasa berbuat taat dan tunduk terhadap perintah Allah. Manusia tidak boleh ingkar terhadap perintah Allah. Manusia juga tidak boleh berlebihan mencintai harta benda dan sebaliknya manusia harus menjadi orang yang dermawan dan murah hati terhadap sesama. Terutama bermurah hati terhadap fakir miskin dan anak yatim. Sebab turun surah Al-'Adiyat adalah berhubungan dengan segerombolan pasukan kuda. Pasukan berkuda itu bertempur melawan musuh dan melukiskan tentang kepahlawanan mereka di dalam peperangan.

Download juga: Kisi-Kisi dan Soal PAS Mapel Qurdis Kelas 6

Adapun RPP berkenaan dengan materi di atas adalah sebagai berikut:
  1. RPP 1 Surat Al-‘Adiyat kelas 5 semester ganjil download [di sini..!!]
  2. RPP 2 Surat Al-‘Adiyat kelas 5 semester ganjil download [di sini..!!]
  3. RPP 3 Surat Al-‘Adiyat kelas 5 semester ganjil download [di sini..!!]
  4. RPP 4 Surat Al-‘Adiyat kelas 5 semester ganjil download [di sini..!!]
Download juga: 
RPP Qurdis Kelas 5 Semester Genap [ di sini]

Pada BAB yang kedua tentang Materi Surat At-Tiin. Surah At-Tin terdiri atas 8 ayat. Surah ini diturunkan di kota Makkah sesudah surah Al-Buruj. Surah At-Tin tergolong surah Makkiyah. At-Tin artinya buah tin. Surah At-Tin adalah surah yang ke-95 dari 114 surah yang ada di dalam Al-Qur'an. Surah At-Tin menceritakan tentang manusia yang merupakan makhluk yang terbaik jasmani dan rohaninya. Jika manusia tidak beriman dan beramal shalih, Allah swt. akan menjadikan manusia itu makhluk yang paling rendah. Allah swt. adalah Hakim Yang Maha adil.

Baca juga: Gelar Untuk Ahli Hadits

Adapun RPP berkenaan dengan materi di atas adalah sebagai berikut:
  1. RPP 5 Surat At-Tiin kelas 5 semester ganjil download [di sini..!!]
  2. RPP 6 Surat At-Tiin kelas 5 semester ganjil download [di sini..!!]
  3. RPP 7 Surat At-Tiin kelas 5 semester ganjil download [di sini..!!]
Download juga: Silabus Qurdis Madrasah Ibtidaiyah [ di sini]

Pada BAB yang ketiga materinya berkenaan dengan Hukum " mim sukun " . Hukum "mim sukun" ada 3 yaitu, idgām misli, ikhfā syafawi dan izhār syafawi. Idgām misli artinya apabila " mim sukun " ( مْ ) bertemu dengan " mim " ( م). Cara membaca idgām misli, huruf yang pertama dimasukkan ke dalam huruf yang kedua, ditasydidkan disertai dengung. Panjang bacaan idgām misli 1 alif atau 2 harakat. 5. Ikhfä syafawi artinya apabila " mim sukun " ( مْ ) bertemu dengan huruf " ba " ( ب). Cara membaca ikhfa syafawi adalah samar-samar di bibir dan didengungkan. Izhār syafawi artinya apabila " mim sukun " ( مْ) bertemu dengan seluruh huruf hijaiyah selain " mim " ( م) dan " ba ".(ب). Cara membaca izhär syafawi harus jelas di bibir dan mulut tertutup.

Adapun RPP berkenaan dengan materi di atas adalah sebagai berikut:
  1. RPP 8 Hukum Bacaan Mim Sukun kelas 5 semester ganjil download [di sini..!!]
  2. RPP 9 Hukum Bacaan Mim Sukun kelas 5 semester ganjil download [di sini..!!]
Download juga: RPP PAI MI [ di sini]

Pada BAB terakhir dalam semester ganjil ini berkenaan dengan Hadits “Memelihara anak yatim” Memelihara anak yatim merupakan perbuatan mulia. Orang yang mengasuh anak yatim dengan ikhlas akan bersama Nabi Muhammad saw. di surga. Cara menyayangi anak yatim antara lain dengan menyayangi, mengurus, memelihara, memberi pendidikan, memenuhi sandang, pangan dan tempat tinggal sehingga setelah dewasa dapat mandiri serta tidak bergantung pada orang lain. Anak yatim adalah anak yang telah ditinggal wafat ayahnya sebelum dia balig, Piatu adalah anak yang tinggal wafat ibunya sebelum dia balig. Jadi yatim piatu adalah anak yang ditinggal wafat ayah dan ibunya sebelum dia balig. Apabila anak yatim mempunyai harta warisan, maka hartanya harus dipelihara, bahkan lebih baik jika harta warisannya itu dikembangkan untuk bekal mereka kelak. Orang yang memakan harta anak yatim, sama dengan memakan bara api neraka.

Adapun RPP berkenaan dengan materi di atas adalah sebagai berikut:
  1. RPP 10 Hadits tentang Menyayangi anak yatim kelas 5 semester ganjil download [di sini..!!]
  2. RPP 11 Hadits tentang Menyayangi anak yatim kelas 5 semester ganjil download [di sini..!!]
Download juga silabus QURDIS semester ganjil [ di sini]