Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Modul PKB Guru Madrasah Ibtidaiyah

Modul PKB Guru Madrasah Ibtidaiyah

Peran dan tanggung jawab guru di masa yang akan datang akan semakin kompleks seiring perkembangan laju informasi dan karakteristik generasi pembelajar di era 4.0.

Oleh karena itu, guru perlu meningkatkan kompetensi profesionalitasnya sehingga mampu mengimbangi trend pembelajaran yang semakin dinamis dan kreatif. Di era informasi ini, guru juga dituntut untuk selektif dan literat dalam mengembangkan proses pembelajaran peserta didik sehingga berkontribusi positif terhadap capaian hasil belajar siswa. 

Oleh karena itu, modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru hadir sebagai salah satu sarana pembelajaran guru untuk meningkatkan kompetensinya. 

Target kompetensi yang diharapkan dalam unit ini adalah kompetensi pedagogik dan profesional. Kompetensi pedagogiknya adalah menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. 

Sedangkan kompetensi profesionalnya adalah menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. Kompetensi kompetensi guru dan kompetensi siswa tersebut menjadi bagian penting dari dasar kemampuan literasi anak. 

Guru harus memahami bahwa literasi menjadi isu yang menarik untuk diperhatikan, karena jika kemampuan membaca dan menulis siswa tidak mendapatkan porsi perhatian yang tinggi, siswa-siswi akan terhambat dalam memperoleh capaian prestasinya. Demikian juga siswa perlu dilatih membaca dan menulis sejak awal, karena hal itu akan mengantarkan mereka pada kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan karakter gemar membaca. 

Tujuan Tujuan umum modul ini adalah: 
  1. Meningkatkan kemampuan pedagogik dan profesional guru 
  2. Menfasilitasi sumber belajar guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran berbasis literasi Secara khusus, tujuan unit ini adalah untuk membangun mindset guru dan siswa tentang pentingnya literasi 
  3. Membangun pola pikir guru dan siswa dengan pola pikir yang terus berkembang (Growth Mindset) 
  4. Mengidentifikasi berbagai kegiatan dalam keterampilan literasi
  5. Menciptakan lingkungan kelas yang literat untuk mendukung keterampilan literasi
Modul 1 ini silakan download [ di sini ]

Pada Modul 2 Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Berkenaan dengan Strategi Mengajar Membaca Permulaan. Tujuan modul ini adalah:
  1. Meningkatkan kompetensi pedagogis melalui kegiatan PKB
  2. Meningkatkan kompetensi professional guru melalui kegiatan PKB
  3. Memfasilitasi sumber belajar guru dan peserta didik mengembangkan media 
  4. Big Book, mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran yang dengan menggunakan media Big Book agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
Adapun Tujuan khusus modul ini adalah:
  1. Mengidentifikasi karakteristik dan manfaat Big Book.
  2. Membuat Big Book.
  3. Memanfaatkan Big Book.
Manfaat yang ingin dicapai dari Modul ini adalah:
  1. Big Book memberikan kesempatan kepada anak untuk terlibat dalam situasi nyata dengan cara yang menarik. Membaca Big Book bersama-sama di depan kelas, anak-anak akan memperoleh pengalaman membaca yang sebenarnya tanpa merasa takut salah dan tidak berani mencoba. semua anak termasuk mereka yang lambat dalam membaca karena dengan membaca Big Book bersama-sama akan timbul keberanian dan kenyakinan dalam diri anak bahwa mereka “sudah bias” membaca.
  2. Big Book memungkinkan semua anak melihat tulisan yang sama ketika guru membaca tulisan tersebut. Ukurannya yang besar membuat anak dapat melihat tulisan dalam Big Book yang sedang dibaca oleh guru mereka.
  3. Penggunaan Big Book memungkinkan anak-anak secara bersama-sama dan dengan bekerjasama memberi makna kepada tulisan di dalamnya.
  4. Big Book memberikan kesempatan kepada anak yang lambat dalam membaca untuk mengenali tulisan dengan bantuan guru dan teman-teman lainnya.
  5. Big Book membuat guru dan anak berbagi keceriaan dan berbagi kegiatan secara bersama. Meskipun Big Book adalah bahan bacaan, namun guru dapat menyelinginya dengan percakapan yang relevan mengenai isi cerita bersama anak sehingga topik bacaan akan semakin berkembang sesuai dengan pengalaman dan daya imajinasi
  6. Penggunaan Big Book akan mengembangkan kemampuan dasar anak dalam semuua aspek bahasa yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.
Modul 2 silakan download [ di sini ]

Pada Modul 2 Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Berkenaan dengan Strategi Mengajarkan Membaca Pemahaman Dan Menulis. Modul ini merupakan kegiatan membaca bagi peserta didik untuk memahami isi bacaan, baik yang tersirat maupun yang tersurat dalam bahan bacaan tersebut.

 Tujuan modul ini adalah:
  1. Mengidentifikasi berbagai strategi membaca pemahaman.
  2. Menyusun skenario pembelajaran untuk menerapkan berbagai strategi membaca pemahaman.
  3. Mempraktikkan skenario pembelajaran untuk menerapkan berbagai strategi membaca pemahaman.
Manfaat yang ingin dicapai dari modul ini adalah:
  1. Manfaat bagi guru. diharapkan agar guru mampu mengidentifikasi berbagai strategi membaca pemahaman, menyusun skenario pembelajaran untuk menerapkan berbagai strategi membaca pemahaman dan guru mampu mempraktikkan skenario pembelajaran untuk menerapkan berbagai strategi membaca pemahaman.
  2. Manfaat bagi siswa adalah agar siswa mampu membaca pemahaman bukan hanya sekedar kecepatan membaca, mampu memahami isi bacaan, baik yang tersirat maupun yang tersurat dalam bahan bacaan, siswa tidak sekedar memiliki kemampuan teknik membacanya saja tetapi juga kemampuan dalam pemahaman dan siswa mampu menginterpretasi isi bacaan.
Adapun sasaran modul ini adalah:
  1. Fasilitator Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota
  2. Pengawas Madrasah
  3. Kepala Madrasah
  4. Ketua KKG
  5. Strategi Mengajarkan Membaca Pemahaman dan Menulis
Modul 3 silakan download [ di sini ]

Download juga:
  1. Media Pembelajaran Big Book "Tubuhku" download [di sini..!]
  2. Media Pembelajaran Big Book "Aku Dan Si Jalu" download [di sini..!]
  3. Media Pembelajaran Big Book "Aku Dan Batu Giling" download [di sini..!]
  4. Media Pembelajaran Big Book "Bermain Bola" download [di sini..!]

Download Juga:
  1. Materi diklat untuk Media Big Book [di sini]
  2. Video Pembelajaran Big Book download [di sini.!]