Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download RPP Fikih Kelas 1 Sesuai KMA 183 Tahun 2019 Terbaru

Download RPP Fikih Kelas 1 Sesuai KMA 183 Tahun 2019 Terbaru Download RPP Fikih Kelas 1 Sesuai KMA 183 Tahun 2019 Terbaru

Dalam buku fikih yang dikeluarkan oleh Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Cetakan Ke-1tahun 2020 Kementerian Agama Republik Indonesia hanya terdiri dari lima BAB. Buku ini diterbitkan bersamaan dengan keuarnya KMA 183 yang berkenaan dengan kurikulum PAI dan Bahasa Arab UntukMadrasah.

BAB yang pertama dari Buku fikih kelas 1 berkenaan dengan Islam Agamaku. Peserta didik diharapkan mampu untuk Menyebutkan rukun Islam secara urut. Kemudian Menghafal rukun rukun Islam secara urut. Disamping daripada itujuga mampu mendeskripsikan contoh masing-masing rukun Islam serta menerapkan perilaku yang sesuai dengan rukun Islam yang telah dipelajarinya.

Adapun ringkasan materi dalam BAB 1 adalah sebagai berikut:
  1. Rukun Islam ada lima: a. Syahadat b. Shalat c. Zakat d. Puasa e. Haji.
  2. Syahadat artinya persaksian bahwa tidak ada tuhan selain Allah Swt. dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah Swt.
  3. Shalat 5 waktu dalam sehari semalam hukumnya wajib bagi setiap orang Islam (muslim).
  4. Shalat 5 waktu yaitu: a. Dzuhur (4 rakaat) b. Ashar (4 rakaat) c. Maghrib (3 rakaat) d. Isya (4 rakaat) e. Subuh (2 rakaat)
  5. Zakat hukumnya wajib bagi setiap orang yang beragama Islam.
  6. Keuntungan mengeluarkan zakat a. Membersihkan harta kita b. Membersihkan jiwa kita c. Merasakan penderitaan orang lain yang serba kekurangan.
  7. Ibadah haji itu merupakan kewajiban atas setiap orang Islam yang memiliki kemampuan melaksanakannya baikberupa sehat badannya dan cukup bekalnya serta aman dalam perjalanannya ketanah suci.

BAB 2 menjelaskan tentang ALLAH TUHANKU, MUHAMMAD NABIKU. Dalam bab yang kedua ini peserta didik diharapkan mampu untuk Menghafalkan materi syahadatain dengan fasih dan benar. Peserta didik juga sangat diharapkan untuk mampu mengahafal syahadat tauhid beserta artinya dengan baik. Kemudian mereka juga sangat diharapkan dapat menghafal syahadat Rasul dengan benar yang disertai dengan artinya dengan baik serta mendeskripsikan contoh perilaku yang sesuai dengan kalimah syahadatain tersebut.

Adapun rangkuman materinya adalah sebagaiberikut:
  1. Syahadat artinya persaksian dan pengakuan.
  2. Syahadat dibagi menjadi dua: syahadat tauhid dan syahadat rasul.
  3. Persaksian bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah disebut syahadat tauhid.
  4. Gabungan antara syahadat tauhid dan syahadat rasul disebut syahadatain, artinya dua kalimat syahadat.
  5. Perilaku yang sesuai dengan makna dua kalimah syahadat: Menyembah dan beribadah hanya kepada Allah Swt, dalam Berdoa dan memohon pertolongan itu harus diperuntukkan hanya kepada Allah dantidak boleh kepada selain Allah, Membaca shalawat untuk Nabi Muhammad Saw, Mencontoh akhlak terpuji Nabi Muhammad Saw., seperti: bersikap jujur, tidak pernah berdusta, menyayangi sesama, saling tolong menolong dalam kebaikan dan lain sebagainya.
Download Juga: RPP Qurdis Kelas 1

BAB 3 menjelaskan tentang tema ALLAH MENCINTAI ORANG YANG SUCI. Dalam bab ini peserta didik diharapkan mampu untuk menjelaskan pengertian dan macam-macam najis. Kemudian mereka juga mampu untuk menjelaskan tatacara menyucikan najis, menjelaskan pengertian istinja. Dan juga mampu untuk menjelaskan tentang tatacara istinja serta mampu untuk mendemonstrasikan tata cara istinja.

Adapun rangkuman materi dalam bab iniadalah sebagai berikut:
  1. Najis artinya kotoran.
  2. Najis wajib kita sucikan menggunakan air yang suci.
  3. Suci artinya bersih menurut agama.
  4. Allah Swt. mencintai orang-orang yang suci.
  5. Setiap pakaian yang sudah terkena najis kotoran) tidak boleh dipakai lagi untuk shalat.
  6. Jika seseorang melaksanakan shalat memakai pakaian yang sudah terkena najis, maka shalatnya tidak sah dan dia wajib untuk mengulangi shalatnya.
  7. Najis dibagi menjadi 3 jenis: a. Najis ringan, b. Najis sedang, dan c. Najis berat, contohnya air liur anjing dan babi.
  8. Cara mensucikan najis ringan dengan memercikan air pada benda yang terkena najis, setelah najis tersebut dihilangkan terlebih dahulu.
  9. Cara mensucikan najis yang sedang yaitu dengan memabasuhkannya dengan  air pada benda yang terkena najis tersebut. mensucikannya harus hilang rasa, warna dan baunya hilang.
  10. Cara mensucikan najis berat yaitu dengan membasuhkan air sebanyak 7X basuhan. Salah satu basuhan itu disyaratkan dengan air yang dicampur dengan tanah.
  11. Adapun yang menjadi larangan ketika sedang beradadikamar mandi adala:1. Membaca Al-Qur’an 2. Berdzikir dan berdoa 3. Makan dan Minum 4. Bernyanyi, bercanda, bermain, dan berbicara 5. Masuk kamar mandi bersama teman

BAB 4 menjelaskan tentang BERWUDHUK ITU MUDAH. Dalam bab ini peserta didik mampu untuk mendeskripsikan gerakan wudhuk dengan benar. Kemudian mereka juga diharapkan mampu untuk mengurutkan beberapa gerakan wudhuk. Mereka juga dituntut untuk bisa menjelaskan macam-macam rukun wudhuk serta mampu untuk mendeskripsikan beberapa gerakan wudhuk secara berurutan. Selain dari pada itu peserta didikdiharapkan agar mampu menjelaskan hal-hal yang dapat membatalkan wudhuk serta mampu untuk mendemonstrasikan macam-macam gerakan wudhuk dengan benar.

Adapun ringkasan materi dalam bab ini adalah sebagai berikut:
  1. Thaharah artinya bersuci
  2. Bersuci dari hadats kecil dengan cara berWudhuk
  3. Wudhuk adalah cara bersuci dari hadats kecil.
  4. Hadats adalah keadaan tidak suci sehingga tidak diperbolehkan ibadah, salah satunya adalah shalat
  5. Rukun Wudhuk adalah hal-hal yang wajib dilakukan pada saat Wudhuk.
  6. Rukun Wudhuk ada enam, yaitu: niat, membasuh wajah, membasuh tangan sampai sikut, mengusap kepala, membasuh kaki sampai dua mata kaki, dan tertib atau urut.
  7. Sunnah Wudhuk artinya hal-hal yang dianjurkan untuk dikerjakan dalam Wudhuk.
  8. Sunnah Wudhuk antara lain: membaca basmalah di awal Wudhuk, membasuh telapak tangan, berkumur-kumur, menghirup air ke hidung, membasuh telinga, membasuh anggota Wudhuk sebanyak 3 kali, mendahulukan membasuh anggota Wudhuk yang kanan, berdoa setelah Wudhuk.
  9. Hal-hal yang membatalkan Wudhuk antara lain: buang air kecil, buang air besar, keluar angin dari lubang belakang (dubur), tidur, hilang akal atau gila, mabuk, bersentuhan kulit laki-laki dengan perempuan yang bukan mahram.
  10. Keuntungan berWudhuk antara lain: disayang Allah, hidup bersih dan sehat, hilangnya kotoran dari badan dan banyak temannya
  11. Manfaat Wudhuk adalah : 1. Disayang Allah 2. Membiasakan diri hidup bersih dan sehat 3. Menghilangkan kotoran yang menempel di badan 4. Jika hidup bersih maka banyak disukai teman
BAB 5 dari Buku Fikih Kelas 1 menjelaskan tentang TATA CARA TAYAMUM. Dalam bab ini Peserta didik diharapkan mampu untuk menjelaskan tentang pengertian tayamum. Mereka juga diharapkan agar mampu menjelaskan rukun tayamum. Selain dari pada itu Mereka juga diharapkan agar mampu menjelaskan urutan gerakan tayamum. Kemudian juga Mereka juga diharapkan agar mampu menjelaskan keuntungan tayamum. Di sampping dari pada itu Mereka juga diharapkan agar mampu mensimulasikan tata cara tayamum serta mempraktikkan tata cara tayamum dan mendeskripsikan keuntungan bertayamum.

Adapun rangkuman materinya adalah sebagai berikut:
  1. Tayamum adalah cara bersuci pengganti Wudhuk
  2. Jika Wudhuk menggunakan air yang suci maka tayamum menggunakan tanah berdebu yang suci 3. Tayamum boleh dilakukan jika: a. Tidak ada air yang bida digunakan berWudhuk b. ketika Kondisi badan seseorang tidak boleh terkena air.
  3. Rukun tayamum ada empat: a. Niat b. Mengusap wajah dengan tanah c. Mengusap kedua tangan sampai sikut d. Tertib atau urut.
  4. Hikmah tayamum adalah: a. Tayamum bukti Allah sayang dengan kita b. Tanah lebih mudah didapatkan di sekeliling kita c. Memudahkan manusia dalam beribadah d. Mengingatkan asal mula ciptaan manusia
Adapun RPP Mapel Fikih Kelas 1 Silakan download di LINK berikut ini
RPP 1 Fikih Kelas 1 MI Sesuai KMA 183 Tahn 2019 [di sini...!!!]

RPP 2 Fikih Kelas 1 MI Sesuai KMA 183 Tahn 2019 [di sini...!!!]

RPP 3 Fikih Kelas 1 MI Sesuai KMA 183 Tahun 2019 [di sini...!!!]

RPP 4 Fikih Kelas 1 MI Sesuai KMA 183 Tahn 2019 [di sini...!!!]

RPP 5 Fikih Kelas 1 MI Sesuai KMA 183 Tahn 2019 [di sini...!!!]

RPP 6 Fikih Kelas 1 MI Sesuai KMA 183 Tahn 2019 [di sini...!!!]

RPP 7 Fikih Kelas 1 MI Sesuai KMA 183 Tahn 2019 [di sini...!!!]

RPP 8 Fikih Kelas 1 MI Sesuai KMA 183 Tahn 2019 [di sini...!!!]

Anda juga bisa mendapatkan file download gratis terkait dengan RPP, Silabus dan bahan ajar SD,SMP dan SMA, silahkan anda berkunjung ke situs juraganberdesa. Anda akan menemukan berbagai macam file download yang sangat bermanfaat tentang pendidikan.