Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kajian Tentang Rukun Iman Perspektif Ilmu Kalam

 

Kajian Tentang Rukun Iman Perspektif Ilmu Kalam

Beragama adalah suatu bentuk keyakinan manusia terhadap berbagai hal yang diajarkan oleh agama yang dianutnya. Apabila seseorang itu beragama maka dapat diartikan bahwa ia meyakini secara bulat terhadap pokok-pokok ajaran dan keyakinan agama yang dianutnya, Oleh karena itu tidak dianggap seseorang itu mengaku beragama tanpa meyakini apa-apa yang ditetapkan oleh agama tersebut. 

Baca juga: Persoalan Utama Dalam Kajian Ilmu Kalam

Dalam agama islam terdapat pilar-pilar Agama yang bersifat lahiriyah yang disebut dengan rukun Islam. Juga terdapat pilar-pilar agama yang bersifat bathiniyah atau keyakinan yang dikenal dengan istilah rukun iman, Rukun iman itu terdiri dari enam pilar utama, Keenam pilar tersebut adalah keyakinan islam terhadap hal-hal ghaib yang hanya dapat diyakini secara trasendental, sebuah kepercayaan terhadap hal-hal yang diluar daya nalar manusia.

Adapun rukun iman (pilar keyakinan) tersebut adalah:
1. Iman kepada Allah, 
2. Iman kepada Malaikat, 
3. Iman kepada kitab, 
4. Iman kepada rasul, 
5. Iman kepada hari akhir, 
6. Iman kepada qada dan qadar. 


Keenam pilar keimanan tersebut merupakan sesuatu yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang mengaku muslim. Apabila mengingkari salah satunya dari rukun iman tersebut, maka gugurlah keimanannya, Oleh karena itu, dalam makalah ini penulis akan menjelaskan keenam rukun iman tersebut yang sangat urgen di dalam Agama Islam.

Untuk lebih jelasnya silakan download di sini...!!!