Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Urgensi Sistem Ekonomi Islam


urgensi sistem ekonomi Islam

Sejauh ini, masyarakat kita agaknya belum begitu melek tentang urgensi sistem ekonomi Islam. Banyak yang menyebut bahwa ekonomi islam atau ekonomi syariah hanyalah fatamorgana belaka. Sulit untuk mencabut sistem ekonomi modern yang sudah mengakar ini. Padahal kehadiran sistem ekonomi syariah justru bisa menjadi jawaban atas problematika krisis ekonomi di berbagai negara.
.
Beberapa negara Eropa dan Asia yang berpenduduk mayoritas non muslim pun kini berlomba-lomba mengkaji, meneliti dan menerapkan sistem yang sebenarnya sudah dikenalkan oleh Rasulullah Saw sejak 14 abad silam.
.
Para pakar pun tak berhenti terus melakukan kajian dan inovasi penerapan sistem ekonomi Syariah agar dapat tumbuh subur di tengah ketimpangan kondisi ekonomi berbagai negara saat ini.
.
“Potensi ummat ini sangat besar untuk bisa menerapkan sistem ekonomi syariah secara kokoh dan kuat. Berbagai kajian sudah dilakukan, penerapan pun sudah dimulai. Tinggal kita nya mau atau tidak untuk memulainya. Paradigma akan pentingnya penerapan ekonomi islam ini harus terus kita gaungkan dan pahamkan kepada ummat Islam secara global. Dengan paradigma yang tertanam kuat maka ummat pun dengan sendirinyabakan saling bersinergi dalam menanamkan benih sistem ini. Pasca berakhirnya pandemi ini dirasa akan menjadi momentum yang tepat bagi ekonomi islam untuk bersinar dan menunjukkan tajinya dalam menyelesaikan berbagai persoalan ekonomi yang melanda berbagai negara selama masa pandemi ini berlangsung.”