Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Lensa di Era Modern

Pentingnya Lensa di Era Modern

Kita semua pasti tau apa itu lensa, apa kegunaannya dan bagaimana cara kerjanya. Lensa adalah seuah benda kecil, namun ternyata bernilai fantastis jika disandingkan dengan kamera kita.
Tapi sadarkah kita, ternyata benda kecil itu sudah banyak merubah dunia kita. Berapa banyak orang yg kesulitan secara kehidupan dan akhirnya terbantu karena jepretan lensa? Berapa banyak orang yg bisa mengingat momen-momen sedih dan bahagianya melalui hasil jepretan lensa? Banyak momen yang diabadikan, semakin manusia berkaca bahwa kehidupan bukan hanya tentang diri kita. Lensa juga bisa merubah status kehidupan seseorang. Berapa banyak para pejabat dan tokoh yg lahir karena jepretan lensa? Masuk gorong-gorong, mengunjungi kolong jembatan, dan semua bisa terabadikan karena benda mungil ini.
Kita tak akan tahu dunia luar jika bukan karena pantulan hasil lensa yg disiarkan secara mendunia bukan? Bencana alam, peristiwa politik, dan lain-lain semua bisa tertangkap dan trabadikan dalam lensa ini.
Ya, begitulah benda kecil ini bisa merubah kehidupan kita. Benda yang cara kerjanya tak ubah seperti mata kita. Andaikan lensa bisa melakukan hal yang sama dengan mata kita, kenapa mata kita justru tidak bisa menciptakan hasil yang sama dengan lensa itu?
Kenapa banyak orang yang diberikan penglihatan sempurna namun hatinya tak tergerak untuk merubah apa yang salah menurut penglihatannya dan meniru apa yang baik menurut penglihatannya? Mengapa banyak orang yang terkaburkan, padahal mata memiliki sensor fokus yang jauh lebih tajam dari lensa kamera semahal apapun?
Lensa kamera sering membuat sesuatu yang kabur menjadi tajam. Tapi mata kita, kadang kita yang membuatnya kabur dari sesuatu yang justru sudah jelas. Mengaburkan kebenaran dan menajamkan kesalahan.
Pada akhirnya, lensa kamera dan mata sama-sama memiliki titik kesamaan yang penting, kembali kepada siapa yang mengontrol dan menggunakannya.