Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Materi Makhluk Hidup Dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Jigsaw

Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Materi Makhluk Hidup Dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Jigsaw

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas bahwa pendidikan nasional berfungsi “mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik. Ini dimaksudkan agar peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Di samping itu juga dapat berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri.  Yang lebih penting adalah mereka menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Agar tercapainya tujuan dimaksud maka guru memiliki peranan yang sangat penting. Ini dikarenakan guru sebagai tenaga profesional yang bertujuan untuk melaksanakan dan mewujudkan tujuan pendidikan Nasional. Guru juga berperan penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang lebih maju dan modern. 

Adapu upaya yang dilakukan untuk peningkatan prestasi belajar siswa tidak terlepas dari berbagai faktor. Oleh karena itu diperlukan guru kreatif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan disukai oleh peserta didik. 

Salah satu upaya peningkatan pembelajaran IPA adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran jigsaw. Pembelajaran ini diharapkan peserta didik dapat memahami konsep-konsep IPA dengan benar. Tentunya dengan menggunakan model pembelajaran tersebut dan memiliki keterampilan. Keterampilan ini adalah proses untuk mengembangkan pengetahuan dan gagasan memanfaatkan alam sekitarnya.

Untuk selengkapnya tentang Penelitian ini silakan downoad [di sini..!!!]