Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sa'at Syeikh Abdul Fattah Abu Ghuddah dipuji


Sa'at Syeikh Abdul Fattah Abu Ghuddah dipuji

Dalam sebuah acara, Syeikh Dhiya Uddin As-Shabuni memuji Al-Muhaddis Syeikh Abdul Fattah Abu Ghuddah (wafat 16 Februari 1997) dengan sebuah syi'ir dan menyandingkannya dengan Imam Abu Hanifah rahimahullah.

Syeikh Abu Ghuddah pun langsung mengomentari pujian itu dan menjelaskan bahwa derajat beliau bahkan tak sampai pada sebutir debu untuk disandingkan dengan Abu Hanifah.

Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi'i dan para imam-imam yang lain adalah karunia dari banyaknya karunia Allah untuk umat ini, dan seandainya aku (Syeikh Abu Ghuddah) pantas untuk menjadi sebutir pasir disamping mereka, maka itu adalah sebuah kemuliaan besar yang tak mampu utk disyukuri.

Syeikh Abu Ghuddah kemudian memohon maaf bahwa beliau tidak sanggup untuk mendengar dan menerima pujian seperti itu walaupun dikatakan oleh seorang teman baik yang tulus dengan niat yang baik. Akan tetapi, kebenaran lebih layak untuk diikuti.

كان الشاعر ضياء الدين الصابوني يمدح الشيخ المحدث العلامة عبد الفتاح أبو غدة رحمه الله بشعره في حفل تكريم الشيخ. ومما قاله:

علامة الشام شيخ العلم و الكتب

أبو حنيفة في رأي و في جدل..

فعلق الشيخ عبد الفتاح أبو غدة على هذا المدح و قال: هذا شيء لا يبلغ من قدري أن أكون ذرة رمل أو تراب في جنب أبي حنيفة.

من أبو حنيفة؟ أبو حنيفة رحمة من رحمات الله عز و جل أهداه الله سبحانه و تعالى لهذه الأمة كما أهدى لهم اﻹمام مالك و الإمام الشافعي واﻹمام أحمد و اﻹمام ابن جرير رحمهم الله. و هؤلآء اﻷئمة فإن صلحت أن أكون رملة صغيرة في جنب هؤلآء فهذا وسام عظيم و فضل كريم لا أستطيع الشكر عليه.

فأعتذر عن مثل هذه الكلمات التي وجهت في جنب الحديث عني. فإنها لا تستطيع نفسي سماعها و لا قبولها و إن صدرت من أخ محب صادق في نية حسنة و لكن الحق أحق أن يتبع.

(تكريم الاثنينية لفضيلة الشيخ عبد الفتاح أبو غدة، اثنينية 152، بتاريخ 11/15/ 1414ه‍ ، المواقف 04/25/ 1994م)