Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hubungan Ilmu Kalam dengan Ilmu Lainnya

 

Hubungan Ilmu Kalam dengan Ilmu Lainnya

Ilmu kalam, filsafat, dan tasawuf mempunyai kemiripan ditinjau dari segi objek kajiannya dengan filsafat dan tasawuf. Kalau ilmu kalam menjelaskan tentang ketuhanan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan-Nya. Sedangkan filsafat menjelaskan tentang masalah ketuhanan untuk mencapai hakikat kebenaran dan juga tentang alam, manusia, dan segala sesuatu yang ada di alam. Sedangkan tasawuf menjelaskan tentang ilmu yang lebih menekankan rasa daripada rasio yang bersifat sangat subjektif berkaitan dengan pengalaman seseorang tentang ketuhanan melalui intuisi, atau ilham, atau inspirasi yang datang dari Tuhan.

Adapun berkenaan dengan keterkaitan atau hubungan antara ilmu kalam dengan ilmu filsafat, tasawuf dan lainnya adalah sangat berhubungan dengan penggunaan rasio (logika) dalam mendapatkan kebenaran berkenaan dengan ketuhanan atau masalah akidah dalam beragama.

Baca juga: Dasar dan sejarah Timbulnya Ilmu Kalam

Filsafat dijadikan sebagai alat untuk membenarkan nash agama. Sedangkan tasawuf yaitu untuk pemberi wawasan spiritual dalam pemahaman kalam (pemahaman soal ketuhanan) sehingga dapat memberikan penghayatan yang mendalam lewat hati yang diimplikasikan dalam perilaku terumata kualitas ibadah.

Dari penjelasan di atas tentang hubungan atau keketerkaiatan antara ilmu tasauf,filsafat dan ilmu kalam serta lainnya adalah semua disiplin ilmu tersebut berusaha menemukan apa yang disebut kebenaran dalam bergama dengan penggunaan nash dan analisis logika manusia. Kebenaran tasawuf berupa tersingkapnya (kasyaf) kebenaran sejati melalui mata hati. Kebenaran ilmu kalam berupa pengrtahuan tentang suatu kebenaran ajaran agama melalui penalaran rasio dengan merujuk kepada nash al-Qur’an dan hadits . kebenaran dalam filsafat merupakan kebenaran spekulatif tentang segala yang ada (wujud) di alam semesta baik tentang ketuhanan,manusia, alam dan supranatural. Oleh karena itu ketiga disiplin ilmu tersebut mendalami pencarian segala yang bersifat rahasia ( ghaib) yang dianggap sebagai kebenaran terjauh dimana tidak semua orang dapat melakukannya.

Untuk lebih jelasnya tentang pendalaman materi silakan download disini...!!!