Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hakikat Keimanan, Kekufuran, Nifaq Dan Kesyirikan

Hakikat Keimanan, Kekufuran, Nifaq Dan Kesyirikan

Bagian dari Kajian dalam ilmu kalam adalah berkenaan dengan Hakikat Keimanan, Kekufuran, Nifaq Dan Kesyirikan.

Kajian tentang keimana adalah berhubungan dengan keyakinan dan pembenaran dengan hati yang dikuti dengan ucaan dari lisan dan pengamalan dan ketundukan seluruh anggota badan terhadap syariat yang ditetapkan.

Baca juga: Hubungan Ilmu Kalam Dengan Ilmu Lainnya

Sedangan kekufuran adalah sikap menolak kebenaran karena penyebab kebodohannya. Pada hakikatnya kekufuranitu adalah keluar dan menyimpang dari landasan Iman sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasulnya. Kekuufuran kadang kala dapat mengeluarkan pelaku dari agama islam. Kadang kala juga tidak sampai menjadikan pelakunya keluar dari agama Islam, dan ia adalah kufur amali. Kufur amali ialah dosa yang disebutkan didalam Al-Qur‟an dan As-Sunnah sebagai dosa dosa kufur, tetapi tidak mencapai derajat kufur besar.

Kemudian juga ada istilah nifaq atau kemunafikan. Maknanya adalah secara bahasa berarti lobang tempat keluar hewan sejenis tikus (yarbu’) dari sarangnya.Ada juga yang mengatakan berasal dari kata an-nafaq, lobang terowongan yang digunakan untuk bersembunyi. Sedangkan Secara umum dalam istilah agama makna nifaq dapat dikatakan sebagai perbuatan yang menampakkan keislaman dan kebaikan serta menyembunyikan kekafiran dan keburukan yang ada dalam hatinya.

Di samping dari pada itu ada juga istilah kesyirikan yaitu sebuah sikap yang menyamakan selain Allah dengan Allah dalam hal-hal yang seharusnya ditujukan khusus untuk Allah, seperti berdoa meminta kepada selain Allah disamping berdoa memohon kepada Allah. Atau kesyirikan juga bisa dikatakan sesuatu yang membatalkan tauhid atau mencemarinya, dari apa saja yang dinamakan syirik dalam al-Qur’an dan as-Sunnah.

Di samping dari pada itu juga perlu kajian tentang perbedaan antara Hakikat Keimanan, Kekufuran, Nifaq Dan Kesyirikandi dalam Islam yang diiringi dengan dalil Syariat yang menguatkan pemahaman kita tentang istilah tersebut.

Untuk lebih jelasnya tentang pembahasan Hakikat Keimanan, Kekufuran, Nifaq Dan Kesyirikan silakan download [ di sini ]