Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Masjid Dalam Masyarakat Islam

Fungsi Masjid Dalam Masyarakat Islam

Sejak dahulu. Masjid menjadi sentral kegiatan umat Islam. Artinya masjid adalah titik fokus setiap apapun yg dilakukan ummat. Ibadah, pendidikan, sidang kabinet, pemilihan khalifah. Letak pasar pun dibuat tidak begitu jauh dari masjid agar aktifitas ekonomi tidak mengganggu aktifitas ibadah. Ya kurang lebih dulu pasar kaum muslimin di Madinah itu dengan masjid Nabawi jaraknya hanya kurang dari 200 m.

Masjid dibangun persis ditengah kota. Agar setiap penjuru memiliki jarak yang relatif sama. Masjid menjadi pusat kontrol pemerintah. Masjid bukan hanya menjadi pelepas kerinduan dengan Rabb nya, tapi juga menjadi tempat dimana satu demi satu masalah ummat terselesaikan. Tempat mereka berkeluh kesah bukan hanya pada Allah tapi juga pada pemimpinnya.

Perlu diakui, peran masjid yang sesungguhnya kini mulai memudar. Posisi masjid di tengah kondisi sosial saat ini semakin terkikis. Perannya semakin terkerdilkan. Padahal kebangkitan ummat Islam itu dimulai dari masjid. Alhamdulillah masih ada beberapa masjid yang mampu menjadi sentra pemberdayaan ummat. Masjid yang mampu menghidupi masjidnya itu sendiri dan ummat yang di sekelilingnya