Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Imam Syafi'i Mengkhatam Al-Qur'an Dibulan Ramadhan

Cara Imam Syafi'i MengkhatamAl-Qur'an Di bulan Ramadhan

Banyak riwayat menyebutkan bahwa Imam Syafi'i mengkhatamkan Al-Qur'an 60 kali di bulan Ramadhan. Apakah mungkin?

Rata-rata orang menghabiskan waktu 30 menit untuk satu juz. Saya pernah mendengar Syeikh Aid Al-Qarny dalam sebuah ceramahnya di Sudan mengatakan bahwa sebagian orang bisa membaca 1 juz Alquran dalam waktu 10 menit. Saya sendiri pernah mencoba membaca juz-juz yang mudah (sering dibaca) seperti juz 30 dan juz 1, saya menghabiskan 17-20 menit utk 1 juz.

Para ulama salaf mengkhususkan waktu Ramadan utk ibadah terutama tilawah Quran. Katakanlah Imam Syafi'i butuh waktu 15 menit untuk membaca 1 juz. 1 jam sudah 4 juz. 15 jam sehari sudah 60 juz alias 2 kali khatam perhari. Waktu sehari semalam adalah 24 jam. Jadi beliau masih punya waktu untuk tidur dan istirahat 9 jam. Tentunya, Imam Syafi'i tidak akan 'membuang 9 jam waktunya' utk tidur dan istirahat yang tidak produktif.

Intinya, khatam Al-Qur'an 60 kali dibulan ramadhan sangat logis dan mudah bagi orang yang bersemangat tinggi dan diberkati waktunya oleh Allah SWT.

Nb:
Sebaiknya mengkhatamkan Al-Qur'an 7 hari sekali sesuai dengan hadis dan agar mudah memahami dan mentadabburi maknanya.
وقال الذهبي في سير أعلام النبلاء : قال الربيع بن سليمان من طريقين عنه، بل أكثر كان الشافعي يختم القرآن في شهر رمضان ستين ختمة، ورواها ابن أبي حاتم عنه فزاد كل ذلك في صلاة، ومثله في تهذيب الكمال للمزي.