Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tipe Model Pembelajaran Kooperatif

Tipe-tipe model pembelajaran kooperatif

Ada beberapa macam tipe belajar kooperatif diantaranya

1. Think Pair and Share (TPS)

Menurut Laorens Wantik “ TPS adalah suatu strategi yang dirancang untuk menyediakan siswa “ bahan pemikiran “ dengan member topik dan member peluang kepada siswa untuk merumuskan gagasan-gagasan dan berbagi dengan siswa lain.

2. Jigsaw

Model pembelajaran ini termaksud pembelajaran kooperatif dengan langkah-langkah sebagai berikut : pengarahan, informasi bahan ajar, buat kelompok heterogen, kemudian diberikan LKS yang terdiri dari beberapa bagian sesuai denagan banyak siswa dalam kelompok. Setiap anggota kelompok bertugas membahas bagian tertentu, tiap kelompok bahan belajarnya sama. Selanjutnya dibentuk kelompok ahli sesuai dengan bahan ajar yang sama, kemudian kelompok ahli menjelaskan kesetiap kelompok asal dan selanjutnya diskusi dan penyimpulan.

Baca juga: Model Pembelajaran Type Jigsaw

3. Group Investigasion (GI)

Metode GI adalah pembelajaran yang dimulai dengan pembagian kelompok investigasi. Selanjutnya guru beserta peserta didik memilih topik-topik tertentu dengan permasalahan-permasalahan yang dapat dikembangkan dari topik-topik itu. Satu dari topik beserta permasalahannya disepakati peserta didik beserta guru menentukan metode yang dikembangkan untuk memecahkan masalah. Langkah-langkah pembelajaran ini terdiri dari pengarahan, buat kelompok heterogen dengan orientasi tugas, rencana pembelajaran investigasi. Tiap kelompok menginvestigasi proyek tertentu, pengalihan data, penyajian data hasil investigasi, prestasi, quis individual, buat skor perkembangan siswa, dan pemberian reward.

4. STAD

Pembelajaran kooperatif STAD merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa heterogen. Diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyiapan materi, kegiatan kelompok, kuis dan penghargaan kelompok.

5. Number Head Together (NHT)

Numbered Head Together (NHT ) atau penomoran berfikir bersama adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternative terhadap struktur kelas tradisional.

Baca juga: Unsur DalamPembelajaran Kooperatif

6. Teams Games Tournament (TGT)

TGT adalah salah satu pembelajaran kooperatif yang memungkinkan siswa dapat belajar rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar. Ada lima komponen utama dalam TGT yaitu penyajian kelas, pembentukan kelompok, permainan atau games, tournament, evaluasi dan penghargaan.

Adapun model pembelajaran yang digunakan peneliti adalah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penulis tertarik menggunakan metode ini dikarenakan metode ini didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut pada anggota kelompoknya yang lain, dengan demikian, siswa saling tergantung satu dengan yang lain dan harus bekerja sama secara kooperatif untuk mempelajari materi yang ditugaskan.