Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori Belajar Yang Mendukung Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing

Teori Belajar Yang Mendukung Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing

Teori belajar adalah deskriptif karena tujuan utamanya memberikan proses belajar.” Teori belajar menaruh perhatian pada hubungan diantara variabel-variabel yang menentukan hasil belajar atau bagaimana seseorang belajar. Teori yang mendukung strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing yaitu:

a. Teori Vygotsky

Menurut Vygotsky, proses perkembangan intelektual seseorang sangat bergantung pada lingkungan sosialnya. Perkembangan kognitif bermula dari interaksi antar pribadi dalam suatu kebudayaan, tradisi atau lingkungan sebelum situasi dan kondisi mental (proses psikologis anak) secara menyeluruh dimungkinkan pada seorang anak.

Dalam pembelajaran, Vygotsky menerapkan konsep zone of proximal development (ZPD) scaffolding. Vygotsky yakin bahwa belajar terjadi jika anak bekerja atau belajar menangani tugas-tugas yang belum dipelajari tetapi tugas-tugas tersebut masih berada dalam zona perkembangan mereka.

ZPD atau zona perkembangan terdekat adalah tingkat perkembangan sedikit di atas tingkat perkembangan seseorang saat ini atau antara jarak antara tingkat perkembangan potensial.

Seorang siswa berada dalam kondisi belajar konsep yang paling baik apabila konsep itu berada dalam zona perkembangan terdekat.Siswa bekerja dan tugas-tugas yang tidak dapat mereka pecahkan sendiri, tugas tersebut dapat diselesaikannya dengan bantuan teman yang lebih mampu.

Dalam strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing, teori Vygotsky terlihat pada langkah ketiga yaitu siswa menyelesaikan permasalahan dimana siswa yang pengetahuan yang rendah akan bertanya kepada siswa yang pengetahuan lebih baik.

Baca juga: Metode Pembelajaran Ekspositori

b. Teori Adaptasi Piaget

Setiap orang mempunyai struktur pengetahuan awal (skema) yang berperan sebagai suatu filter atau fasilitator terhadap berbagai ide dan pengalaman yang baru. Melalui kontak dengan pengalaman baru, skema dapat dikembangkan dan diubah, yaitu dengan proses asimilasi dan akomodasi. Skema seseorang selalu dikembangkan, diperbaharui, bahkan diubah untuk dapat memahami tanyangan pemikiran dari luar. Proses ini disebut adaptasi pikiran.

Adapun hubungan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dengan teori adaptasi Paiget di atas adalah dalam strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terjadinya interaksi antara sesama siswa, guru dengan siswa. Selanjutnya dalam strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing memungkinkan siswa agar saling berbagi pengetahuan secara aktif baik, siswa yang mempunyai pengetahuan yang rendah dapat bertanya kepada kawannya yang mempunyai pengetahuan yang lebih baik dari siswa tersebut.