Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknik Pembelajaran Bahasa Arab

 

Teknik Pembelajaran Bahasa Arab

Pengertian Teknik Pembelajaran Bahasa Arab

Teknik merupakan salah satu bagian terpenting yang harus dikuasai oleh guru Bahasa Arab, sebab teknik merupakan prosedur yang harus dilakukan oleh seorang guru dan peserta didik dalam penerapan metode pembelajaran bahasa Arab agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan efektif untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal dalam pembelajaran bahasa Arab.

Menurut Sanjaya, teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode. Menurut smith, teknik pembelajaran adalah kelengkapan atau langkah-langkah dengan dilengkapi keragaman, focus dan penjelasannya. Teknik merupakan katasilator metode, berbeda ruang lingkupnya dengan metode, dan waktu penggunaannya lebih singkat dari pada metode.Menurut ruhani teknik merupakan rangkaian tindakan guru dan peserta didik dalam event pengajaran actual tertentu.

Baca juga: Pentingnya Bahasa Arab

Teknik adalah perencaan, persiapan, langkah-langkah, dan sarana yang dikerjakan di dalam kelas dan digunakan untuk mencapai tujuan dari proses pembelajaran itu sendiri. Kita harus mengaitkan rencana, persiapan dan langkah-langkah ini dengan lingkup metode pembelajaran.Selanjutnya harus ada keserasiandan konsistensi yang penuh antara teknik, metode dan pendekatan.Kenyataannya, bahwa teknik itu sangan bergantung pada guru, keterampilan guru, dan pada kemampuan guru dalam mengelola kelas. Setiap kelas memiliki situasi belajar yang berbeda, tetapi juga terkadang memiliki situasi yang sama. Jadi pengertian teknik pembelajaran itu mencakup beberapa unsur yaitu merupakan implementasi dari metode, jabaran operasional dari metode, prosedur pelaksanaan kegiatan pembelajaran, mimiliki cara khusus dan spesifik, serta sistematis.

Berdasarkan pengertian di atas, teknik dapat dikatakan sebagai prosedur pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan merupakan implementasi dari metode yang digunakan.Dengan demikian teknik pembelajaran dapat didefinisikan sebagai langkah-langkah yang ditempuh guru selama pembelajaran dalam menyampaikan suatu materi pembelajaran.

Oleh karena itu dapat kita pahami bahwa hakikat teknik pembelajaran merupakan praktik seni yang sangat tergantung kepada pendidik dan kompetensinya dalam mengelola kelas.Teknik pembelajaran ini dari satu kondisi ke kondisi lainnya berbeda, bahkan dalam kondisi yang sama pun akan terjadi perbedaan. Dengan demikian teknik pembelajaran adalah aktifitas spesifik yang diimplementasikan dalam ruang belajar yang relevan dengan metode dan pendekatan yang telah ditentukan. Disamping itu, tujuan pembelajaran bahasa Arabdi seluruh institusi pendidikan yang ada di Indonesia, dari level dasar sampai level perguruan tinggi tampak berbeda-beda, gambaran tujuan pembelajarannya secara umumsama. Maka perbedaaan tujuan, materi, latar belakang peserta didik dan sarana prasarana pembelajaran sangat membutuhkan teknik di dalam menentukan metode dan pendekatan.

Fungsi Teknik Pembelajaran bahasa Arab

Diantara fungsi penggunaan teknik dalam pembelajaran bahasa Arab adalah sebagai berikut :

  1. Menjadikan peserta didik lebih suka bertanya dan gemar belajara bahasa Arab.
  2. Menjadikan peserta didik merindukan belajar Bahasa Arab dan bersemangat melakukan kegiatan ketika belajar di kelas.
  3. Menjadikan peserta didik merasa bebas dari tekanan belajar, menjadikan percaya diir peserta didik menguat.
  4. Meningkatkan semangat peserta didik dalam memahami pelajaran. Teknik juga membantu peserta didik melatih telinganya untuk mendengarkan suara-huruf-huruf atau kata-kata dalam bahasa Arab dan melatih matanya untuk memperhatikan semua isi gambar atau materi pelajaran yang ditampilkan.
  5. Memperkuat hubungan antara peserta didik dan guru dan menambah rasa saling mempercayai.
  6. Membantu peserta didik dalam mengatasi masalah pengucapan dan memperindah pengucapan kata-kata atau huruf-huruf Arab.
  7. Memotifasi peserta didik untuk belajar melalui praktik dan menjadikan peserta didik gemar diajari.
  8. Memperkuat jiwa berfikir peserta didik dan membantu peserta didik untuk menyimpulkan pengetahuan-pengetahuan baru yang dengan itu dapat membantu peserta didik menyelesaikan permasalahan-permasalahan.
  9. Memperkuat perasaan peserta didik agar mengerti pentingnya pengetahuan yang telah mereka kuasai dan memperkuat pengetahuan yang telah mereka peroleh.
  10. Menyelamatkan guru dari situasi-situasi yang tidak mendukung pelajaran.
  11. Menghemat waktu peserta didik dan guru.
  12. Mempermudah proses belajar mengajar di kelas.
Baca juga: Silabus Akhlak Tasawuf

Bila kita perhatikan fungsi teknik pembelajaran di atas maka kita bisa menyimpulkan bahwa hakikat fungsi penggunaan teknik dalm pembelajaran bahasa Arab adalah agar menjadikan pembelajaran bahasa Arab lebih efektif, lebih menghemat tenaga, waktu dan biaya. Ketika seorang guru dapat menggunakan teknik pembelajaran dengan tepat dan sesuai dengan keadaan peserta didik, materi pelajaran, tujuan pelajaran, dan kondisi dalm kegiatan pembelajaran maka hasil belajar yang akan dicapai oleh peserta didik dan guru akan sangat baik.