Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Final Mata Kuliah Hadits Terbaru

Soal Final Mata Kuliah Hadits Terbaru

JAWABLAH SOAL-SOAL DIBAWAH INI DENGAN BENAR DAN TELITI...!

1 lengkapilah hadits dibawah ini beserta dengan perawi Hadits disertai dengan tanda baca yang benar…! (nilai 20)

عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه, أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إياكم والجلوس بالطرقات, قالوا: يارسول الله مالنا من مجالسنا بد نتحدث فيها, قال: فإذا أبيتم إلا المجلس فاعطوا الطريق حقه, قالوا: وما

2 jelaskan kandungan dari hadits berikut ini sesuai dengan kemampuan saudara ! (nilai 20)

إنَّ الصِّدْقَ يَهدِي إِلَى البِرِّ، وَإِنَّ البِرَّ يَهْدِي إِلَى الجَنَّة، وإِنَّ الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ صِدِّيْقًا، وَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الفُجُورِ، وإنَّ الفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّاِر، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابَا


3 jelaskan ketentuan (etika) berpakaian dalam islam baik laki-laki maupun perempuan sesuai dengan hadits Nabi ! (nilai 15)

4 fitrah dalam islam itu terbagi dua, ada fitrah ruhiyah dan fitrah jasadiyah, jelaskan masing-masing ketentuan fitrah tersebut berdasarkan Hadits nabi disertai contoh dari masing masing fitrah tersebut..! (nilai 20)

Baca juga: Soal UTS Ilmu Tafsir

5 apa yang saudara ketahui tentang tulang ekor ? Bagaimana keterangan hadits Nabi berkenaan dengan tulang ekor tersebut ? (nilai 15)

6 jelaskan tentang niat dan keikhlasan sesuai dengan hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim ! (15)

7 tulislah satu hadits sesuai dengan tugas kelompok saudara dan sertai dengan perawi hadits dan penjelasan singkat ! (nilai 20)

8 apa yang saudara ketahui tentang takdir ? Bagaimana keterangan hadits Nabi berkenaan dengan takdir tersebut ? (nilai 15)

9 bagaimana cara berbakti kepada orang tua yang masih hidup dan sesudah meninggal…?  jelaskan sesuai dengan hadits nabi yang berhubungan dengan berbakti kepada orang tua,.! (nilai 20)

10 jelaskan tentang dosa besar dalam islam sesuai dengan hadits Nabi …! (nilai 15)

Baca juga: Soal Final Filsafat Pendidikan Islam

11 jawablah pertanyaan diatas dengan singkat dan jelas yang saudara anggap paling mudah sehingga jumlah nilai maksimal mencapai seratus (100) !