Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Final Ilmu Tafsir

Soal Final Ilmu Tafsir

JAWABLAH SOAL-SOAL DIBAWAH INI DENGAN BENAR DAN TELITI...!

1 Jelaskan istilah berikut ini menurut pengetahuan saudara:
    a Tafsir
    b takwil
    c metode tafsir tahlili
    d al-qur'an
    e tafsir bil ma'tsur
    f tafsir bil ra'yi

2 Al-qur'an di turunkan oleh allah untuk pedoman bagi kehidupan manusia agar manusia mengetahui dengan jelas tujuan hidupnya di dunia ini. Jelaskan menurut pengetahuan saudara tentang tujuan hidup manusia berdasarkan al-qur'an dan sertai dengan dalil yang mendukungnya..!!!

3 Al-qur'an adalah firman allah yang di turunkan kepada Nabi muhammad sebagai mukjizat dan pedoman hidup bagi manusia yang memiliki keistimewaan di bandingkan kitab suci sebelumnya seperti taurat, zabur dan injil, coba saudara jelaskan keistimewaan al-qur'an di bandingkan kitab suci tersebut sesuai dengan pengetahuan saudara...!!!

Baca juga: Soal UTS Ilmu Tafsir

4 Ditinjau dari sumber penafsiran, maka penafsiran al-qur'an di bagi kepada tiga bentuk yaitu maktsur, ra'yi dan isyari. Jelaskan menurut pengetahuan saudara berkenaan tentang tiga bentuk penafsiran al-qur'an tersebut dan sertai contoh yang menjadi ciri khas setiap bentuk penafsirannya..!!!

5 jelaskan tentang persamaan dan perbedaan metode tafsir maudhu'I dengan metode tafsir muqarran sesuai dengan pengetahuan saudara…!

**************بارك الله فيكم **************