Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Tugas Akhir Modul 5 PPG Qurdis

Download Tugas Akhir Modul 5 PPG Qurdis

Dalam Modul 5 dari PPG Qurdis menjeaskan tentang Makna fhilosofis yang terdapat dalam Al-Qur'an dan Hadits. Pada modulini terdiri dari 4 kegiatan belajar yaitu:

1. Pendekatan Hermeneutika Dalam Kajian Al-qur'an

Adapun target daam pembelajaran ini para peserta diharapkan memahami dan menguasai pendekatan hermeneutika dalam kajian alquran.

Pokok-pokok materi yang diajarkan adalah:
  • pengertian hermeneutika dalam kajian alquran 
  • faktor-faktor timbulnya hermeneutika dalam kajian alquran 
  • konsep dasar pendekatan hermeneutika dalam kajian alquran 
  • pendekatan hermeneutik dalam studi alquran: telaah pemikiran farid esack
Baca juga: Download Tugas Akhir PPG Qurdis Modul 1

2. Pendekatan Historis Sosiologis Dalam Kajian Al- qur'an

Dalam kegiatan belajar 2 ini diharapkan peserta dapat  memahami dan menguasai pendekatan historis sosiologis dalam kajian alquran. dengan cara mampu untuk menganalsisi pendekatan konsep dasar pendekatan historis dalam kajian quran, menganalsis konsep dasar pendekatan sosiologis dalam kajian quran, mengkritisi biografi dan setting sosio-kultural kehidupan fazlur rahman.

Adapun pokok yang diajakarkan adalah tentang pengertian pendekatan historis dalam kajian alquran; konsep dasar pendekatan historis dalam kajian alquran. pengertian pendekatan sosiologis dalam kajian alquran; konsep dasar pendekatan sosiologis dalam kajian alquran, biografi dan setting sosio-kultural kehidupan fazlur rahman; konsep alquran dan pewahyuannya; penafsiran alquran secara historis sosiologis; bentuk penerapan fazlur rahman terhadap ayat poligami dan perbudakan

3. Pendekatan Semantik Dalam Kajian Al-qur'an

Adapun target yang diharapkan dalam pembelajaran ini adalah peserta dapat memahami dan menguasai pendekatan semantik dalam kajian alquran.

pokok materi yang diajarkan adalah tentang pengertian semantik dalam kajian alquran,  masa-masa pertumbuhan semantik dalam kajian alquran,  konsep dasar pendekatan semantik dalam kajian alquran, macam-macam makna dalam dalam pendekatan semantik,  perkembangan makna dalam pendekatansemantik, dan pendekatan semantik dalam studi alquran: telaah pemikiran toshihiko izutsu.

Baca juga: Download Tugas Akhir PPG Qurdis Modul 3

4. Pendekatan Semiotika Dalam Kajian Alquran

capaian pembelajaran dalam kegiatan belajar 4 ini adalah 
mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menguasai pendekatan semiotika dalam kajian alquran. dengan indikator keberhasilannya yaitu menganalsisi pengertian semiotika dalam kajian alquran, mengkritisi kajian historis pendekatan semiotika dalam kajian alquran, menganalsis konsep dasar pendekatan semiotika dalam kajian alquran, mengkritisi pendekatan semiotik dalam studi alquran : pembacaan surat al-fatihah oleh mohammed arkoun.

Baca juga: Download Tugad Akhir PPG Qurdis Modul 4

pokok materi yang diajarkan adalah pengertian semiotika dalam kajian alquran, kajian historis pendekatan semiotika dalam kajian alquran, konsep dasar pendekatan semiotika dalam kajian alquran, dan pendekatan semiotik dalam studi alquran : pembacaan surat al-fatihah oleh mohammed arkoun

Untuk Lebih lengkapanya tentang Modul 5 dan Tugas akhir Modul 5 ini adalah sebagai berikut: