Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Perkembangan Tasawuf

 

Sejarah Perkembangan Tasawuf

Pada awalnya, tasawuf merupakan perkembangan dari pemahaman tentang makna kerohanian dalam Islam. Pada masa shahabat dan tabiin mulai muncul kecenderungan orang terhadap ajaran Islam secara lebih analitis. Mereka memandang ajaran Islam dari dua aspek, yaitu lahiriyah dan batiniah, atau sering juga diseut apek luar dan aspek dalam. Perenungan yang lebih berorientasi pada aspek dalam, yaitu pola beragama yang lebih mementingkan rasa, keagungan Tuhan dan bebas dari egoisme. 

Dalam kondisi seperti itulah muncul gaya hidup yang sederhana dan lebihmementingkan aspek dalam atau nilai rohaniyah dalam beragama. Keompokini dikenal dengan nama kelompok tasawuf. Adapun menyangkut dengan sejarah dan perkembangan tasawuf itu berkembang dalam beberapa fase yaitu sebagai berikut: 

Baca juga: Pengatar Ilmu Tasawuf
  1. Abad Kesatu dan Kedua Hijriyah. Pada Fase ini terjadinya perubahan kondisi sosial dalam masyarakat. ditengah kemajuan kaummuslimin dan perkembangan islam yang begitu pesat, sebagian masyarakat mulai melihat kembali pada kesederhanaan kehidupan Nabi. dan juga sikap zuhudnya para shahabat dalam menjalani kehidupan. 
  2. Kehidupan tasawuf pada abad Ketiga Hijriyah 
  3. Tasawuf pada abad Keempat Hijriyah 
  4. Tasawuf pada abad Kelima Hijriyah 
  5. Tasawuf pada abad Keenam Hijriyah 

Untuk lebih jelasnya tentang materi Sejarah Tasawuf dan Perkembangannya silakan download di sini..!!!