Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Penafsiran Alqur'an

 

Metode Penafsiran Alqur'an

Al-Qur’an adalah kitab suci yang mempunyai posisi sentral dalam kajian keilmuwan di dalam Islam karena Al-qur'an merupakan Mashadir Asliyah (Sumber Hukum Pokok). Di samping dari pada itu Al-qur'an juga sebagai inspirator, pemandu dan pemadu gerakan umat Islam sepanjang sejarah kejayaannya selama empat belas abad lamanya.


Al-qur'an juga diibaratkan sebagai samudra yang tidak pernah kering, ombak dan gelombangnya saling sambung menyambung sepanjang masa. Kekayaan dan kandungan isinya tak pernah habis ketika dikaji, yang memberikan hikmah yang luar biasa bagi kehidupan umat manusia secara umum dan umat islam secara khusus. 
Di dalam Al-Qur’an terdapat muatan sejarah yang menjelaskan kondisi sosial, keagamaan, dan budaya dari peradaban umat manusia sebelum diutusnya Nabi Muhammad. Oleh karena itu perlu adanya keahlian yang khusus untuk menguak tabir dan khazanah keilmuan yang terkandung di dalamnya. Para ulama berusaha untuk mengkaji Al-qur'an dalam berbagai aspeknya untuk menggali kandungan Al-qur'an dengan mencoba memahami ayat Al- Qur’an  melalui interpretasinya masing-masing sesuai dengan kaedah ilmu tafsir. Karena interpretasi terhadap al-qur'an memiliki peranan yang sangat penting bagi maju mundurnya umat islam, karena Al-Qur’an adalah pedoman hidup untuk segala zaman. 


Al-Qur’an adalah kitab suci yang dapat dipahami di tafsirkan dalam perspektif metode tafsir maupun prespektif dimensi-dimensi atau tema-tema kehidupan manusia. Dari sinilah  menculnya ilmu  yang digariskan oleh para ulama dalam mengkaji Al- Qur’an ditinjau dari berbagai aspeknya.ermasuk di dalamnya ilmu tafsir. Perkembangan ilmu dalam penafsiran Al-qur'an dengan berbagai ragam dan corak penafsirannya.


Secara garis besar corak atau bentuk penafsiran  Alqur'an ada tiga  macam yaitu Tafsir bil ma’tsur, tafsir bil al ra’yi, dan Tafsir isyari. Adapun bila ditinjau dari segi metode penafsiran maka dapat dibagi kepada empat macam yaitu: 
  1. Tafsir Tahlili, 
  2. Tafsir Ijmali, 
  3. Tafsir Muqarrin 
  4. dan Tafsir Maudhu’i. 
Untuk lebih lengkapnya kajian tentang metode tafsir silakan download di sini...!!!