Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Yang Mempengaruhi Akhlak dan Pembentukannya

Faktor Yang Mempengaruhi Akhlak dan Pembentukannya

FAKTOR-FAKTOR MEMPENGARUHI AKHLAK DAN PEMBENTUKANNYA 
(PERTEMUAN KE-7) 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi akhlak manusia. secara umum adalah sebagai berikut:
  1. Insting (Naluri) merupakan refleksi dari sikap dan tindakan setiap manusia dimotivasi oleh keinginan yang dimotori oleh Insting seseorang yang mendorong lahirnya tingkah laku seperti  Naluri Makan (nutrive instinct), Naluri Keibuan (peternal instinct) , Naluri Berjuang (combative instinct), dan Naluri Bertuhan. 
  2. Adat ( Kebiasaan) yaitu setiap tindakan seseorang yang dilakukan secara berulang sehingga menjadi kebiasaan, seperti berpakaian, makan, tidur, olahraga dan sebagainya. Adapaun ketentuaan adat kebiasaan ialah Mudah diperbuat dan dapat Menghemat waktu dan perhatian.
  3. Wirotsah yaitu berhubungan dengan faktor keturunan baik secara langsung atau tidak langsung yang sangat mempengaruhi bentukan sikap dan tingkah laku seseorang. 
  4. Milieu artinya suatu yang melingkupi tubuh yang hidup meliputi tanah dan udara sedangkan lingkungan manusia, ialah apa yang mengelilinginya, seperti negeri, lautan, udara, dan masyarakat. milieu ada 2 macam yaitu Lingkungan Alam dan Lingkungan sosial. 
Sedangkan pembentukan akhak itu adalah dari hasil pendidikan, latihan, pembinaandan perjuangan keras dan sungguh-sungguh. 
Untuk menjelaskan faktor  yang mempengaruhi pembentukan akhlak pada khususnya dan pendidikan pada umumnya, ada tiga aliran yang sudah amat popular. Pertama aliran Nativisme. Kedua, aliran Empirisme, dan ketiga aliran konvergensi. Di samping dari pada itu terdapat konsep islam dalam pembentukan akhlak. 
Adapun Tujuan dar Pembentukan Akhlak adalah sebagai berikut:
  1. Mempersiapkan manusia yang beriman yang selalu beramal sholeh agar bisa menggapai ridha ilahi.
  2. Mempersiapkan insan beriman dan saleh yang menjalani kehidupannya sesuai dengan ajaran Islam.
  3. Mempersiapkan insan yang bisa berinteraksi secara baik dengan sesamanya, baik dengan orang muslim maupun nonmuslim. 
  4. Mempersiapkan insan yang mampu dan mau mengajak orang lain ke jalan Allah. 
  5. Mempersiapkan insan yang mau merasa bangga dengan persaudaraannya sesama muslim.
  6. Mempersiapkan insan yang merasa bahwa dia adalah bagian dari seluruh umat Islam. 
  7. Mempersiapkan insan yang merasa bangga dengan loyalitasnya kepada agama Islam dan berusaha demi tegaknya Islam di muka bumi. 
Untuk lebih lengkapnya silakan download di sini...!!!