Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kajian Ulumul Hadits

 

Kajian Ulumul Hadits

Mempelajari ilmu yang berhubungan dengan Hadits Nabi Muhammad secara umum dibagi menjadi dua bagian ilmu yang paling penting, yaitu: Ilmu Riwayat  dan Ilmu  Dirayat.
  1. Ilmu Hadits Riwayah merupakan ilmu yang menukilkan segala apa yang disandarkan kepada Nabi Muhammad baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir, ataupun sifat tubuh anggota ataupun sifat perangai. 
  2. sedangkan Ilmu Hadits Dirayah yaitu ilmu untuk memahami keadaan sanad hadits dan matannya dari tinjauan diterima atau ditolak untuk dijadikan dalil syariat dan sebab-sebab ditoak dan diterima sebuah hadits yang bersangkut paut dengan itu. 
Dengan memperhatikan penjelasan Ilmu Hadits Riwayah dan Ilmu Hadits Dirayah di atas, maka terdapat adanya kaitan yang sangat erat antara Ilmu Hadits Riwayah dan Ilmu Hadits Dirayah. Hal ini karena setiap ada periwayatan Hadits tentu ada syarat yang dipakai dan diperlukan baik dalam penerimaannya maupun penyampaian Hadits dari satu pihak kepada pihak yang lain. Oleh karena itu, tidak mungkin Ilmu Riwayah berdiri sendiri tanpa Ilmu  Dirayah, begitu pun sebaliknya.
Untuk lebih jelasnya silakan download di sini...!!!