Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Gratis Tugas Akhir PPG Qurdis Modul 1 Tentang Ulumul Qur'an


Modul 1 PPG Al-qur'an Hadits menjelaskan tentang kajian Ulumul qur'an yang terdiri dari 4 kegiatan belajar yaitu:

  1. Kegiatan Belajar 1 yang menjelaskan pengertian Ulumul Qur'an dan Sejarah Perkembangan Ulumul Qur'an. Kajiannya meliputi penjelasan berkenaan dengan pengertian Ulum al-Quran baik dari segi etimologi dan terminologi. kemudian kajian tentang ruang lingkup dan hal-hal pokok yang berhubungan dengan Ulum al-Quran, Kemudian berkenaan dengan Sejarah perkembangan Ulum al-Quran. Disamping itu juga di dalamnya terdapat kajian yang berkenaan dengan Nama lain dari Al-quran dan juga tentang garis besar isi Alquran, serta menjelaskan tentang perbedaan perbedaan wahyu, ilham, dan ta’lim yang kaitannya dengan Kenabian.
  2. Kegiatan belajar 2 berkenaan dengan Nuzulul Qur'an yang di dalamnya menjelaskan tentang pengertian Nuzulul Qur'an, tahapan Nuzulul Qur'an, penertian Asbabun Nuzul dan juga menjelaskan tentang kaedah-kaedah yang digunakan para ulama dalam menjelaskan Asbabun Nuzul disertai dengan macam-macam asbabun Nuzul.
  3. Kegiatan Beajar 3 menjelaskan tentang pengertian ayat-ayat makkiyah dan ayat-ayat madaniyah secara tuntas. Kemuadian mengidentifikasi dasar dari para ulama dalam menetapkan ayat-ayat makkiyah dan ayat-ayat madaniyah. setelah itu menjelaskan dan mengidentifikasi Karakteristik ayat-ayat makkiyah dan ayat-ayat madaniyah. Dan yang terakhir berkenaan dengan Faedah dan fungsi kajian berkenaandengan makkiyah dan madaniyah dalam penafsiran Al-Qur'an.
  4. Kegiatan belajar 4 berkenaan dengan Qashashul Qur'an, kajiannya meiputi makna qashash dalam Alquran baik dari segi bahasa dan istilah, kemudian berkenaan dengan macam-macam kisah yang terdapat dalam Alquran. kajiannya juga meliputi tujuan adanya qashash dalam Alquran dan metode yang digunakan para ulama Ahli Sunnah dalam pengungkapan qashash Alquran. kajian yang terakhir berkenaan dengan qashahul qur'an adalah tentang hikmah yang dapat diambil dari beberapa kisah yang terdapat pengulangan dalam Alquran.
Untuk lebih jelasnya tentang Modul 1 dan juga tugas akhir dari moudul 1 silakan download di link di bawah ini...!!!