Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengantar Ilmu Al-Qur’an

Pengantar Ilmu Al-Qur’an
Sebagaimana kita ketahui bahwa Al-Qur'an merupakan firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui perantaraan Malaikat pilihan Allah yang mulia yaitu Jibril yang susunan suratnya dimulai dari surat Al-Fatihah dan diakhiri dengan surat yang ke 114 yaitu An-Naas dan membacanya bernilai ibadah yang dilipat gandakan fahalanya oleh Allah.

Al-qur'an merupakan Wahyu Allah yang berbeda dengan dengan kitab-kitab yang diturunkan kepada Nabi sebelumnya seperti Zabur untuk Nabi Daud, kitab Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa dan kitab Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa serta shuhuf yang diturunkan kepada Nabi Lainnya. keistimewaan AlQur'an dibandingkan dengan kitab-kitab tersebut adalah sebagai. berikut:
  1. Kitab Al-Qur'an itu akan selalu Allah jaga kemurnian dan keasliannya sebagai mana firman Allah dan surat Al-Hijr ayat 9 bahwa Allah memberikan jaminan Al-qur'an tetap terjaga keasliannya.
  2. Al-qur'an memiliki kemu'jizatan dari aspek bahasa dan padat makna yang tidak tertandingi dengan syair arab yang sangat terkenal pada pada masa tersebut. dan Allah sendiri menantang orang yang ragu terhadap Al-qur'an itu firman untuk membuat satu surat saja yang semisal dengan Al-qur'an (surat Al-Baqarah ayat 23) atau juga membuat semisal dengan Al-qur'an dengan mengumpulkan manusia dan jin niscaya mereka sekali-kali tidak akan sanggup membuatnya yang serupa dengan Al-Qur'an (Surat Al-Isra’ ayat ke-88).
  3. Al-qur'an itu menjelaskan isyarat ilmiyah yang tak tertandingi dibandingkan dengan kitab sebelumnya seperti isyarat penciptaan langit dan bumi (surat Ali Imran ayat 190) dan juga isyarat penciptaan manusia ( Surat An-Nisa ayat 1) dan isyarat ilmiyah lainnya
  4. Al-qur'an diturunkan oleh Allah untuk seluruh umat manusia (Surat Al-Baqarah ayat 185, Ali 'Imran ayat 138 dan lainnya) berbeda dengan kitab samawi sebelumnya yang hanya diturunkan untuk kaum tertentu saja.
  5. Al-qur'an dalam membacanya saja sudah bernilai ibadah yang dilipat gandakan pahalanya oleh Allah.
  6. Al-qur'an dapat memberikan syafaat bagi orang yang senantiasa berinteraksi dengannya dihariiamat nantinya.
Selain dari pada itu kajian yang menarik tentang al-qur'an adalah tentang sejarah dan peroses turunnya Al-qur'an kepada Nabi Muhammad dan juga kajian tentang fungsi Al-Qur'an bagi kehidupan umat manusia.untuk lebih lengkapnya silakan didownload di sini...!!!