Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Kitab Bulughul Maram dan terjemahan

Download Kitab Bulughul Maram dan terjemahan


Kitab Bulughul Maram Min Adillatil Ahkam merupakan kitab kumpulan hadits yang disusun berdasarkan urutan fikih yang ditulis oleh seorang Ulama yang sangat terkenal dalam mazhab Imam Syafi’i yaitu Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Ashqalani yang lahir tahun 773 H bertepatan dengan 1372 M di Kota Asqalan, Palestina dan wafatnyapada tahun 852 H bertepatan dengan taun 1449 M di Mesir. Oleh karena itu Kitab Bulughul Maram bisa dikatakan sebagai kitab hadits tematik yang memuat hadits-hadits yang dapat dijadikan landasan pengambilan hukum fikih (istinbath) oleh para ahli fikih. Kitab Bulughul Maram menjadi rujukan utama dalam fikih Mazhab Syafi'i. Kitab Bulughul Maram termasuk kitab yang diterima oleh kaum Muslimin secara umum dan sangat banyak diterjemahkan dengan berbagai bahasa dunia. Kitab ini juga banyak disyarah olehpara ulama karena sistematis dan dalil yang lengkap. Di antara syarah kitab Bulughul maram sangat terkenal adalah kitab Subulus Salam yang ditulisoleh Muhammad bin Ismail al-Amir ash-Shan’ani.
Di dalam kitab Bulughul Maram terdapat Seribu Tiga Ratus Tujuh Puluh Satu Hadits yang disetiap hadits yang dicantumkan perawi Haditsnya dari sumber utama seperti Sahih al-Bukhari, Sahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan at-Tirmidzi dan lainnya sehingga memudahkan bagi pengkaji untuk mengetahui sumber dasar Hadits tersebut. Selain dari pada itu Ibnu Hajar juga mencantumkan Hadits perbanding yang datang dari jalur yang lain dari hadits pokok disetiap bab sehingga dapat menambah wawasan dalam ikhtilaf Al-Hadits yang dapat menyeimbangkan pemahaman seseorang dalam memahami setiap perbedaan dalam mengambil kesimpulan hukum antar mazhab fikih.
Bagi peneliti dan pembaca yang membutuhkan kitab bulughul maram yang asli dan terjemahan serta syarahnya secara lengkap dapat di Download di bawah ini...!!!