Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Post Test PKB Guru Literasi

Soal Post Test Literasi
Adapun Soal Post Test Literasi Untuk FASDA (Fasilitator Daerah) Di lingkungan kementerian Agama Adalah sebagai berikut..!!!

1. Berikut ini bukan termasuk karakteristik madrasah yang responsif GEDSI adalah . . . .

  • Peserta Didik Berkebutuhan Khusus belajar di kelas khusus agar berkembang kompetensinya
2. Pandangan dan sikap yang lebih mengutamakan salah satu jenis kelamin daripada jenis kelamin lainnya sebagai akibat pengaturan dan kepercayaan budaya yang lebih berpihak kepada jenis kelamin tertentu disebut ....:
  • Bias gender
Baca juga:
3. Penyelenggaraan pendidikan yang menggabungkan peserta didik berkebutuhan khusus dengan peserta didik pada umumnya dengan mengharuskan peserta didik berkebutuhan khusus menyesuaikan diri dengan kurikulum regular yg berlaku di lembaga tersebut. Sistem pendidikan sesuai dengan pernyataan di atas adalah....:
  • integratif
4. Penyelenggaraan pendidikan yang menyatukan semua peserta didik di dalam satu lingkungan belajar, dan peserta didik berkebutuhan khusus mendapat akomodasi kurikulum dan pembelajaran sesuai karakteristik, kebutuhan dan kemampuannya, sistem pendidikan sesuai dengan pernyataan di atas adalah ....:
  • inklusif
5. Terdapat sebuah situasi yang mengakibatkan turunnya kemampuan peserta didik untuk memiliki kompetensi tertentu, baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan sebagai akibat dari hilang dan/atau turunnya kualitas proses pembelajaran. Situasi seperti ini merupakan indikasi terjadinya ….:
  • Learning loss
6. Hal mendasar pertama yang perlu dilakukan oleh guru untuk memastikan perlu tidaknya melakukan upaya pemulihan pembelajaran adalah ….:
  • Melakukan asesmen diagnostik terhadap peserta didik
7. Kepala madrasah selaku penaggung jawab penyelenggaraan pembelajaran yang berkualitas bagi semua peserta didik perlu melakukan sejumlah langkah strategis dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran yang terjadi di madrasah, kecuali ….:
  • Mendata peserta didik yang mengalami penurunan kemampuan belajar
8. Hal yang perlu dilakukan oleh pengawas apabila menemukan terjadinya penurunan kemampuan belajar peserta didik pada madrasah binaan adalah sebagai berikut, kecuali ….:
  • Mengumpulkan guru dan kepala madrasah yang bermasalah
9. Berikut ini adalah ciri kegiatan fasilitasi dalam pemerolehan pengetahuan dan keterampilan, kecuali....:
  • Mengalir ke berbagai arah
10. Pastikan Anda membuat peserta benar-benar mengatakan "Ya" dengan lantang. Tips tersebut bagian dari....:
  • Proses mengembangkan kesepakatan kelas.
11. Kegiatan ice breaking dalam pelatihan bertujuan untuk ....:
  • Membuka komunikasi sesama peserta.
12. Berikut ini adalah trik fasilitator dalam menghadapi peserta yang mengganggu jalannya kegiatan, kecuali....:
  • Sampaikan keluhan pada yang bersangkutan saat istirahat di luar ruangan
13. Untuk bisa berperan secara bermakna pada era globalisasi di abad ke-21 ini maka setiap pendidik dituntut untuk memiliki kemampuan yang dapat menjawab tuntutan perkembangan zaman. Kemampuan yang perlu diberikan atau dilatihkan kepada pendidik agar siap menghadapi keterampilan abad 21 adalah . . . 
  • kreativitas dan inovasi, keterampilan berkomunikasi, keterampilan berkolaborasi, dan keterampilan berpikir kritis
14. Pembelajaran aktif dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh anak didik, sehingga semua anak didik dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai dengan karakteristik pribadi yang mereka miliki. Di antara unsur-unsur pembelajaran aktif adalah …
  • mengalami, interaksi, komunikasi, refleksi
15. Abstraksi merupakan salah satu keterampilan Computational Thinking, yaitu menghilangkan bagian dari masalah yang tidak dibutuhkan dan membuat satu solusi untuk memecahkan masalah yang serupa. Di bawah ini yang merupakan contoh Abstraksi adalah ….
  • Ketika guru diminta membuat power point untuk presentasi dengan waktu yang terbatas. Maka, dia akan focus pada aplikasi power point tanpa memikirkan aplikasi lain. Bahkan pada aplikasi power point hanya focus pada menu-menu yang dibutuhkan untuk membuat presentasi secara cepat karena waktu yang terbatas.
16. Mencari pola atau Pattern Recognition dalam Computational Thinking adalah kemampuan memperhatikan atau mengidentifikasi persamaan atau perbedaan umum yang akan membantu kita membuat prediksi atau mengarahkan kita ke jalan pintas penyelesaian masalah. Di bawah ini yang merupakan contoh Pattern Recognition adalah ….
  • Ketika seseorang hendak berangkat kerja, maka akan paham daerah mana yang macet dan daerah mana yang tidak macet, sehingga dapat dipikirkan alternatif lain untuk menuju kantor. Dengan melalui jalan yang tidak macet atau dengan berangkat lebih awal.
17. PKB dilaksanakan berdasarkan profil guru, yang idealnya terdiri atas ....:
  • hasil evaluasi diri, hasil asesmen kompetensi, hasil penilaian kinerja, pre-post test
18. Berikut ini adalah Indikator Penjaminan Mutu pada pelatihan dalam program PKB di tingkat komunitas KECUALI ....:
  • pelatih / narasumber sudah mengisi biodata pelatih / narasumber
19. Cara menentukan tingkat pembelajaran dalam kelompok peserta pelatihan yang menggunakan Pre dan Post Test adalah ....
  • membandingan nilai rata-rata "Pre Test" dibanding "Post Test"
20. Yang TIDAK termasuk komponen model KirkPatrik pada determinan dan pengukuran mutu adalah …:
  • perubahan organisasi

21. Dalam Alquran surat al-Hujurat ayat 13 Allah SWT berfirman yang artinya: “Wahai manusia ! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh Allah Maha Mengetahui dan Maha Teliti”. Kandungan dari arti ayat di atas adalah ….
  • Islam sebagai agama yang membawa misi toleransi dalam keberagaman
22. Dalam lima tahun terakhir ini, Kementerian Agama aktif mempromosikan pengarusutamaan moderasi beragama. Moderasi beragama adalah sebuah jalan tengah dalam keberagaman agama di Indonesia yang merupakan warisan budaya Nusantara yang berjalan seiring, dan tidak saling menegasikan antara agama dan kearifan lokal (local wisdom). Pengertian Moderasi Beragama yang tepat adalah ….
  • Cara pandang, sikap, dan praktik beragama yang mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum
23. Dalam implementasinya, moderasi beragama memiliki beberapa indikator nilai yang dapat diidentifikasi sebagai kata kunci. Berikut ini adalah beberapa kata kunci nilai-nilai moderasi beragama, kecuali….
  • Menolak cara-cara kekerasan dalam menyelesaikan masalah keagamaan dan dalam melakukan perubahan yang diinginkan
24. Dalam KMA 184 dijelaskan bahwa moderasi beragama di madrasah dapat diimplementasikan dalam beberapa cara. Berikut ini adalah cara yang diatur dalam KMA tersebut, kecuali….
  • Penanaman nilai moderasi beragama kepada peserta didik bersifat hidden curriculum dalam bentuk pembiasaan, pembudayaan dan pemberdayaan dalam kehidupan sehari-hari
25. Sebagai seorang guru madrasah, memahami nilai-nilai moderasi beragama sangat penting sehingga dapat diimplementasikan pada saat melakukan proses pembelajaran. Berikut ini adalah beberapa tindakan guru yang sering dilakukan ketika proses pembelajaran tetapi tidak mencerminkan pengembangan nilai-nilai moderasi beragama, yaitu….
  • Memberikan nilai yang kecil kepada siswa yang menjawab pertanyaan tidak sesuai dengan faham keagamaan yang diyakininya