Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hakikat Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heard Together (NHT)

Hakikat Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heard Together (NHT)

1. Pengertian pembelajaran kooperatif tipe numbered heard together (NHT)

Pembelajaran kooperatif merupakan strategi pembelajaran yang mengutamakan adanya kerjasama antar siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Para siswa dibagi kedalam kelompok-kelompok kecil dan diarahkan untuk mempelajari materi pelajaran yang telah ditentukan. Tujuan dibentuknya kelompok kooperatif adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat terlibat secara aktif dalam proses berfikir dan dalam kegiatan-kegiatan belajar.

Model pembelajaran kooperatif mempunyai beberapa pendekatan atau tipe salah satunya adalah pendekatan struktural tipe NHT, yang dikembangkan oleh Spencer Kagen. Pendekatan struktural merupakan salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif, guru menggunakan struktur tertentu agar pola interaksi siswa lebih kooperatif dan berbagi. Sedangkan Numbered Heard Together (NHT) atau penomoran bersama adalah merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan isi akademik. Numbered heard together (NHT) pertama kali dikembangkan oleh Spenser Kagen (1993) untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut.

Baca juga: Model Pembelajaran Model Kooperatif Type NHT

Arends menjelaskan bahwa NHT adalah suatu bentuk pembelajaran dengan mengelompokkan siswa kedalam kelompok yang terdiri dari 3 sampai 5 orang dan setiap anggota kelompok diberi lebel misalnya 1 sampai 5. Arends juga menjelaskan bahwa tujuan dikembangkan numbered heard together adalah untuk member kesempatan yang lebih banyak kepada siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap inti pelajaran tersebut.

NHT memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling membagi ide dan mempertimbangkan jawaban yang tepat. Selain itu NHT juga mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerja kelompok. Tipe NHT bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan semua tingkat/jenjang pendidikan. Pada umumnya, NHT digunakan untuk melibatkan siswa dalam penguatan pemahaman pembelajaran atau mengecek pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.

2. Tujuan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT

Ibrahim menggunakan 3 tujuan yang hendak dicapai di dalam metode pembelajaran kooperatif tipe NHT yaitu: (a)Hasil belajar akademik struktural Bertujuan untuk meningkatkan kinerja siswa dalam tugas akademik; (b)Pengakuan adanya keragaman Bertujuan agar siswa menerima teman-temannya yang berbeda latar belakang; (c)Pengembangan keterampilan sosial Bertujuan untuk membangikan keterampilan sosial siswa, keterampilan yang dimaksud antara lain berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, mau menjelaskan ide atau pendapat, bekerja dalam kelompok dan sebagainya.