Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download PTK Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik

PTK

Permasalahan dalam proses belajar mengajar juga terjadi di MIS Banda Masen Kota Lhokseumawe sebagaimana hasil wawancara peneliti dengan guru kelas IV MIS Banda Masen Kota Lhokseumawe bahwa penguasaan siswa terhadap pelajaran matematika masih tergolong rendah, menurut keterangan yang diperoleh dari guru tersebut rata-rata nilai matematika siswa kelas IV S MIS Banda Masen Kota Lhokseumawepada semester I tahun 2013 yaitu 5,7 dan nilai rata-rata tes awal yaitu 5,93 pada pokok bahasan pengenalan pecahan masih tergolong rendah. karena masih dibawah standar minimal 6,0.


Pada umumnya proses pembelajaran yang digunakan adalah dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yakni ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan pembelajarannya didominasi oleh guru dan sedikit sekali melibatkan siswa. Sejalan dengan itu Nur Aksin mengemukakan bahwa pengajaran matematika secra konvensional mengakibatkan siswa bekerja secara prosedural dan memahami matematika tanpa penalaran, selain itu interaksi antara siswa selama proses belajar mengajar sangat kurang .

Pada pembelajaran matematika di MIS Banda Masen Kota Lhokseumawe, guru kurang memberikan peluang kepada siswa untuk mengkonstruksi sendiri konsep-konsep matematika, siswa hanya menyalin apa yang dikerjakan oleh guru.


Masalah yang telah dikemukakan di atas, guru MIS Banda Masen Kota Lhokseumaweperlu melakukan perbaikan proses pengajaran. Yaitu dengan cara enerapkan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa. Ini berguna untuk mengembangkan potensi secara maksimal melalui penelitian tindakan kelas. Pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan pendekatan RME (Realistic Mathematic Education), Yang disebut juga dalam bahasa indonesia dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Pendekatan pembelajaran ini dapat mendorong keaktifan, membangkitkan minat dan kreativitas belajar siswa agar dapat meningkatkan hasil belajarnya.
Pembelajaran dengan pendekatan RMF ini siswa didorong untuk aktif bekerja bahkan diharapkan untuk mengkonstruksi atau membangun sendiri konsep-konsep matematika, dengan demikian RME berpotensi untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa MIS Banda Masen Kota Lhokseumawe.

Baca juga: Makalah Metode Tabyin Dalam Pendidikan Islam

Adapun judul menelitiannya adalah “Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Dan Urutannya Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Kelas IV MIS Banda Masen Kota Lhokseumawe”.

Bagi yang memerlukan, untuk selengkapnya silakan Download di sini...!!!