Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi Ulama Penulis KItab Hadits

Biografi Ulama Penulis KItab Hadits

Menuliskan biografi ulama yang menulis kitab Hadits tentu Sangat banyak. Yang Populer diantara mereka adalah penulis kitab yang dikenal dengan “Kutubu Sittah” yaitu: Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Turmuzi, Imam An-Nasa’i, Imam Abu Dawud dan Imam Ibnu Majah. Kemudian dikenal juga penulis “Kutubut Tis’ah” yaitu enam ulama penulis kutubu sittah ditambah dengan tiga lainnya yaitu: Imam Malik, Imam Ahmad Ibn Hambal Dan Al-Damiri. Adapun dalam makalah ini akan penulis jelaskan hanya empat Biografi penulis kitab Hadits, yaitu sebagai berikut:

Baca juga: Tahammul wal Ada' Al-Hadits
  1. Biografi Imam Al-Bukhari. Beliau dikenal dengan Nama Abu Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhari (bahasa Arab: أبو عبد الله محمد بن إسماعيل البخاري‎, lahir di Bukhara, 13 Syawal 194 H (21 Juli 810). Beliau wafat di Khartank, pada tanggal 1 Syawal 256 H (1 September 870).
  2. Biografi Imam Muslim. Nama asli beliau adalah Al-Imam Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi an-Naisaburi(bahasa Arab: أبو الحسين مسلم بن الحجاج القشيري النيشابوري), atau sering dikenal sebagai Imam Muslim (821-875) dilahirkan pada tahun 204 H. Beliau meninggal dunia pada hari Ahad bulan Rajab tahun 261 H. Imam Muslim dikuburkan di Naisaburi.
  3. Imam Abu Daud. Nama Beliau adalah Sulaiman bin al-Asy’as bin Ishak bin Basyir bin Syidad bin Amar al-Azdi as-Sijistani atau yang kerap disapa dengan panggilan Imam Abu Dawud lahir pada tahun 202 H, di Sijistan. 
  4. Imam Turmuzi. Beliau adalah Salah satu ulama besar yang dimiliki kaum muslimin ini bernama lengkap Muhammad bin ‘Isa bin Saurah bin Musa as-Sulami at-Tirmidzi. Dan beliau memiliki nama kunyah Abu ‘Isa. Beliau lahir pada tahun 209 H. Tempatnya di sebuah daerah bernama Tirmidz. Dan nama beliau dinisbatkan kepada sebuah sungai yang ada di daerah tersebut yang sering dikenal dengan nama Jaihun. 
Baca juga: Hadits Maudhu' dan Penyebabnya

Untuk Lebih Lengkapnya tentang Biografi Ulama Penulis KItab Hadits silakan download di sini...!!!